Mengurangi Kecepatan Kendaraan saat Hujan Dapat Selamatkan Nyawa

Panduan Pembeli

Mengurangi Kecepatan Kendaraan saat Hujan Dapat Selamatkan Nyawa

JAKARTA – Mengurangi kecepatan ketika berkendara di kondisi hujan dapat memperkecil risiko kecelakaan.

Hal ini disampaikan oleh Auto2000 melalui siaran tertulisnya. Menurut mereka, berkendara dengan kecepatan lebih rendah maka pengemudi bisa mendapatkan kontrol atas kendaraan dengan lebih baik.

Tak hanya itu, kendaraan pun terbilang mengalami penurunan perfoma khususnya rem. Padahal, rem merupakan salah satu fitur penting yang harus menjadi perhatian. Jalanan yang licin membuat jarak pengeraman menjadi lebih jauh dibandingkan kondisi normal. Untuk itu, pengemudi diharapkan untuk menjaga kecepatannya agar jarak pengereman dapat tetap pendek.

Selain mengurangi kecepatan, Auto2000 juga memberikan sejumlah tips lain agar masyarakat dapat berkendara dengan selamat di musim hujan. Dan berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya dilakukan.

Fokus dan Waspada

berkendara saat hujan
Hujan membuat jarak pandang berkurang. Untuk itu, pengemudi harus meningkatkan fokus berkendara dan lebih waspada pada kondisi sekitar. Kendalikan mobil supaya selalu berada di jalur yang tepat dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Jaga Jarak Aman

Pasikan untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain khususnya di jalan tol. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pengguna jalan lain di depan mengerem secara mendadak. Selain itu, kemampuan cengkram ban dan rem akan menurun akibat harus bekerja di jalan licin yang membuat jarak pengereman kian jauh serta mobil sulit dikendalikan.

Perhatikan Kinerja Rem dan Ban Mobil

Sangat tidak disarankan melakukan pengereman mendadak di tengah jalan yang licin karena adanya risiko mobil tergelincir. Sebaiknya mengurangi laju mobil secara bertahap dan cermat saat hujan, terutama saat kecepatan tinggi di jalan tol.

Pastikan Fitur Bekerja dengan Baik

Sebenarnya tidak hanya ban dan rem yang harus dipastikan berfungsi optimal ketika hujan turun. Fitur atau perangkat lain yang harus diperhatikan adalah wiper, lampu, AC hingga aki mobil. Begitu ada satu saja perangkat yang bermasalah, pengemudi pasti tidak bisa mengemudi dengan aman dan nyaman. Sebagai contoh,  wiper yang tidak layak pakai sehingga justru mengganggu pandangan atau AC yang tidak dingin sehingga timbul embun.

Jadi sebaiknya periksa kondisi kendaraan Anda sebelum musim hujan mencapai masa puncaknya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar