Mengenal One-Pedal Andalan Nissan Kicks e-Power

Berita Otomotif

Mengenal One-Pedal Andalan Nissan Kicks e-Power

JAKARTA – Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan dengan mengandalkan fitur One-Pedal yang belum banyak diketahui konsumen.

Hadir sebagai SUV lima-penumpang, Kicks menawarkan segudang keunggulan dibandingkan kompetitornya. Produk terbaru Nissan ini mengusung konsep baru sebagai kendaraan ramah lingkungan.

e-Power merupakan teknologi terkini dalam dunia kendaraan ramah lingkungan. Menggunakan basis yang sama dengan mobil listrik murni, namun e-Power tidak membutuhkan pengisian ulang baterai melalui soket listrik pada umumnya.

Kicks e-Power dibekali dengan mesin bensin konvesional 1.2-L DOHC 12-valve tiga-silinder. Jantung mekanis konvensional, berfungsi untuk memberikan daya listrik yang sebelumnya telah dikonversikan secara pintar oleh generator.

SUV ini sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik EM57 yang mampu menghasilkan daya maksimum 127.2 hp dan torsi puncak mencapai 260 Nm. Konsep untuk menggerakkan kendaraan inilah yang pada akhirnya membedakan Kicks dengan kendaraan jenis hybrid di pasaran.
Nissan Kicks e-Power

Karena kendaraan ini sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik, sehingga karakter pedal gas berbeda dengan mobil mesin bensin konvensional. One-Pedal menjadi salah satu unggulan Kicks karena karakter terbilang cukup responsif.

Saat pedal diinjak mampu menghasilkan daya untuk menggerakkan kendaraan. Namun saat dilepas, seketika menjadi rem sekaligus menghentikan kendaraan. Pedal gas yang dilepas langsung memberikan efek deselerasi, sehingga mampu dimanfaatkan untuk mengisi baterai.

“One-Pedal Nissan Kicks e-Power merupakan cara baru semakin memperkenalkan kendaraan listrik. Sebenarnya kendaraan listrik karakternya memang seperti ini. Ketika diinjak dalam akan menghasilkan akselerasi, sementara sebaliknya menjadi deselerasi,” ucap Bagus Susanto, Marketing Direktur NMI pada sesi interview di Jakarta (03/09).
one pedal nissan kicks

Ia mengatakan bahwa karakter mobil listrik ini akan lebih adaptif bagi orang yang belum bisa menyetir sekalipun. Namun bagi orang yang sudah berpengalaman, harus sedikit melakukan adaptasi dengan model terbaru ini. sekadar informasi, sistem One-Pedal Nissan Kicks e-Power ini hanya bekerja atau berfungsi pada kecepatan di bawah 40 km/jam. Di atas itu, pengendara harus menggunakan pedal rem seperti biasa untuk mencegah kecelakaan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar