Cerita Pengalaman Singkat Mengendarai All New Avanza & All New Veloz

Review

Cerita Pengalaman Singkat Mengendarai All New Avanza & All New Veloz

TANGERANG – Ketika mengendarai All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz, tak terasa lagi aura-aura dari model generasi sebelumnya. Perombakan yang Toyota lakukan benar-benar signifikan pada berbagai aspek.

All New Avanza dan All New Veloz meluncur pada 10 November 2021 di Indonesia. Didesain sebagai dua merek berbeda, harga on the road (OTR) Jakarta All New Avanza kini Rp206,2-264,4 juta.

All New Veloz, di sisi lain, berbanderol Rp251,2-291,5 juta OTR Jakarta.

Mobil123.com berkesempatan menjajal kedua model tersebut, di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pada 11-21 November 2021 di Serpong, Tangerang.

Sayang, waktu yang Toyota sediakan amat singkat. Masing-masing model hanya dijajal dalam waktu kurang dari 30 menit. Berikut ulasan mengenai impresi singkatnya.

Performa Berkendara Sama-sama Lebih Baik

Rasa berkendara yang bisa dieksplorasi dalam waktu amat singkat itu tak banyak. Namun, dalam waktu sebentar, langsung bisa terasa perbedaan akselerasi serta suspensi dari All New Avanza dan All New Veloz, jika dibandingkan dengan generasi terdahulu.

Keduanya kini berbagai transmisi CVT yang sama, alih-alih girboks otomatis konvensional empat percepatan. Ini membuat akselerasinya menjadi lebih halus ketika dibawa berkeliling di sekitar Serpong.

Perpindahan antar ‘gigi’ seperti tanpa jeda.

All New Toyota Veloz

Lalu, suspensi baru All New Avanza maupun All New Veloz tak lagi seperti dua generasi terdahulu yang terkenal keras.

Setelan kaki-kaki McPherson Strut di depan, Torsion Beam di belakang yang sama-sama dilengkapi dengan stabilizer sekarang terasa lebih empuk. Tapi, ‘bantingannya’ tetap cukup rigid ketika dibawa bermanuver ringan menyalip mobil dengan zig-zag pada satu kesempatan.

Mesin All New Veloz dan All New Avanza tipe-tipe pertengahan hingga atas masih 2NR-VE 1.5-liter Dual VVT-I, seperti pada generasi sebelumnya. Akan tetapi, tenaga maupun torsi ditingkatkan sedikit menjadi 106 ps serta 137 Nm.

All New Toyota Veloz Lebih Mewah

Dari pengalaman yang sebentar, didapat pula impresi tingkat kenyamanan serta kemewahan berbeda antara All New Avanza dan All New Veloz. Ini dimulai sejak dari dimensi dan desain eksteriornya.

All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz

Dimensi All New Avanza, meski sudah jauh lebih bongsor daripada generasi terdahulu, tetap kalah dari All New Veloz. Terutama dari aspek panjang (4.395 mm berbanding 4.475 mm) dan lebar (1.730 mm berbanding 1.750 mm).

Desain eksterior All New Veloz juga berkesan lebih mewah dengan bentuk yang berbeda mulai dari gril depan, bemper depan, kap mesin, lampu depan, overfender, pelek, dan lampu belakang.

Pada interior, All New Veloz sudah berbalutkan material kulit. Ini terlihat di berbagai bagian yakni dasbor, jok kursi, arm rest konsol tengah, lingkar kemudi.

Nuansa kabin pun dua warna (dual tone). Aura kecanggihan muncul dari meter cluster Full TFT LCD 7 Inci.

Interior All New Toyota Veloz

Adapun interior All New Avanza sepenuhnya masih dibuat dari material plastik keras. Belum ada sama sekali aksen-aksen soft touch.

Kabin hanya terdiri dari satu nuansa warna. Meter cluster masih berdesain analog untuk tacho meter plus speedometer.

Di bagian tengahnya, tampak Digital Multi Information Display (MID) berukuran 4 inci.

interior All New Toyota Avanza

Catatan yang Mobil123.com dapat, kualitas material-material interior All New Avanza masih terkesan murah.

Fitur All New Toyota Veloz Lebih Mentereng daripada All New Toyota Avanza

Fitur-fitur All New Avanza sebenarnya sudah mengalami peningkatan drastis, yang disebar di berbagai tipe.

Buktinya, misalnya, ialah keberadaan Head Unit 9 Inci, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, AC Digital, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, 6 Airbag, konektivitas T Intouch, sampai teknologi Toyota Safety Sense.

Kendati begitu, level All New Veloz lebih tinggi lagi dari sisi fitur. Ini membuat Mobil123.com seperti berada di mobil-mobil kelas menengah ke atas.

Rear Seat Entertainment pada All New Toyota Veloz

Pada All New Veloz, terdapat tambahan-tambahan semisal Electric Parking Brake with Brake Autohold, Foot Lamp, Rear Seat Entertainment, Auto Climate Digital AC, Wireless Charging, Around View Monitor, Rear Camera.

Satu catatan penting adalah ketiadaan Rear Camera pada All New Avanza. Padahal, di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), fitur satu ini sudah teramat lumrah. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar