Avanza & Veloz Terbaru Mirip SUV, Peminat Rush Diakui Bisa ‘Pindah Hati’

Berita Otomotif

Avanza & Veloz Terbaru Mirip SUV, Peminat Rush Diakui Bisa ‘Pindah Hati’

TANGERANG – Kehadiran All New Toyota Veloz serta All New Toyota Avanza diakui bisa ‘memakan’ pasar Toyota Rush.

Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, sejak dulu sebenarnya ada persinggungan di antara sebagai konsumen Avanza dan Rush. Ia tak membantah pemisahan model antara Avanza dengan Veloz pada generasi terbaru yang meluncur 10 November 2021 kemarin bisa menguatkan persinggungan itu.

Sekadar mengingatkan, Veloz dahulu merupakan varian termewah dari Avanza. Varian yang hadir sejak ‘kelahiran’ Avanza generasi kedua pada 2011 ini sebelumnya hanya berbeda aksesori serta sedikit fitur.

Toyota sendiri, menurut Anton, percaya aksi ‘saling makan’ antarmodel-model tersebut tidak dalam level mengkhawatirkan, meski duo Avanza dan khususnya Veloz berdesain mirip SUV.

“Kalau Rush ini, kan, punya desain dan fitur-fitur berbeda ya baik dari sisi ukuran, ground clearance, kemudian bentuk dan bodinya,” kata dia dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Toyota Rush GR Sport

“Veloz, di sisi lain, tetap tak kami katakan sebagai SUV. Dia tetap ada di segmen LMPV (low multi purpose vehicle), hanya saja SUV-look (tampilannya mirip SUV). Saya rasa tidak ada masalah. Justru kami ingin memberikan pilihan kepada konsumen,” lanjut Anton lagi.

Duet All New Avanza dan All New Veloz langsung menunjukkan ‘taji’ mereka dalam pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pada 11-21 November kemarin di Serpong, Tangerang.

Keduanya menjadi kontributor utama raihan SPK Toyota dalam pameran mobil terbesar di Asia Tenggara tersebut.

All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz 2022

All New Veloz plus All New Avanza mengumpulkan SPK 1.534 unit. Jika dirincikan, model yang disebutkan pertama menjadi yang terdepan dengan SPK 823 unit.

Kontribusi keduanya mencapai 34,07 persen dari total SPK Toyota selama GIIAS 2021 yang menyentuh 4.502 unit.

Menggenapi lima besar model dengan SPK terbanyak dalam GIIAS 2021 ialah Raize (651 unit), Kijang Innova (633 unit), kemudian Fortuner (529 unit).

SPK Rush maupun model-model lain di luar daftar lima besar tidak dijabarkan oleh merek mobil terpopuler di Indonesia itu. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar