Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Meluncur 2022, Inikah Harga Pasti SUV Honda Pesaing Toyota Raize?

Berita Otomotif

Meluncur 2022, Inikah Harga Pasti SUV Honda Pesaing Toyota Raize?

TANGERANG – Honda sedang bersiap meluncurkan sport utility vehicle (SUV) lima penumpang sekelas Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky pada 2022. Apakah harganya kelak benar-benar mengikuti hasil survei yang sempat dibeberkan?

Model tersebut diperlihat dengan balutan stiker kamuflase selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus kemarin di Serpong, Tangerang.

Sementara ini, julukannya adalah Honda Small SUV RS. Versi purwarupanya, Honda SUV RS Concept, pertama kali diperkenalkan dalam GIIAS tahun lalu.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menjelaskan Small SUV RS ditargetkan mengaspal pada 2022. Demikian pula dengan distribusinya kepada para konsumen.

“(Peluncurannya) diharapkan tidak sampai awal tahun (2023). Distribusinya diharapkan juga sama,” tukas dia merespons pertanyaan Mobil123.com dalam wawancara di sela-sela GIIAS 2022.

Billy sendiri, pada akhir Mei 2022 di Bali, sempat membeberkan rentang harga Small SUV RS yang diinginkan oleh para konsumen Honda. Adapun hasilnya, menurut hasil survei itu, adalah Rp250 juta untuk tipe termurah serta Rp350 juta bagi tipe termewah.

Lantas, apakah Honda benar-benar akan mengikuti hasil studi tersebut?

“Kan, kami selalu berbicara apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Jadi, kami pelajari sekali hasil studi itu. Kita lihat nanti, ya. Kisaran yang diinginkan (konsumen), sih, segitu dari hasil survei,” jawab Billy.

Pasar mobil Indonesia, yang sebelumnya amat didominasi oleh multi purpose vehicle (MPV), sekarang sudah disaingi oleh mobil-mobil SUV.

Kontribusi penjualan model-model MPV dari seluruh segmen terhadap total pasar berangsur-angsur turun dari 31 persen pada 2017 menjadi 23 persen pada 2021, menurut data yang dipaparkan Honda.

Sementara itu, komposisi model-model SUV dari semua segmen terus naik dari 15 persen pada 2017 menjadi 26 persen pada 2021.

Salah satu segmen yang muncul dan terus bertambah jumlah ‘pemainnya’ dalam beberapa tahun belakangan adalah SUV lima penumpang berbanderol Rp200 juta-an.

Segmen yang nantinya dimasuki Small SUV RS itu, selain diisi oleh duet Raize dan Rocky, dihuni pula oleh Nissan Magnite, Kia Sonet, plus Renault Kiger. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang