Melihat Kekurangan dan Kelebihan dari Daihatsu Terios

Panduan Pembeli

Melihat Kekurangan dan Kelebihan dari Daihatsu Terios

Sejarah Daihatsu Terios di Indonesia memang sudah cukup lama dan tak bisa dipungkiri bahwa berhasil menjawab kebutuhan masyarakat.

Terlebih ketika kehadiran generasi kedua yang memiliki desain modern menjadikan Daihatsu Terios semakin diminati oleh masyarakat. Bahkan tidak sedikit peminat Daihatsu Xenia yang beralih hati menjadi penggemar Daihatsu Terios,

Hal ini sangat dimaklumi karena Daihatsu Terios memiliki beragam keunggulan layaknya sebuah MPV namun desainnya sporty layaknya sebuah SUV. Tentu ini akan menjadi pilihan baru bagi mereka yang ingin kendaraan keluarga dengan desain menarik.

Namun Daihatsu Terios tetap memiliki beragam kekurangan yang harus menjadi pertimbangan bagi calon pelanggan. Pertimbangan tersebut tentunya harus dipikirkan masak-masak agar tidak menyesal dan merasa telah salah beli.

Dan berikut adalah beberapa kekurangan dari Daihatsu Terios generasi kedua.

Kurang Kedap

Melihat Kekurangan dan Kelebihan dari Daihatsu Terios

Insulasi suara boleh dikatakan adalah masalah klasik dari beberapa mobil Daihatsu dan ini kembali terjadi pada Terios. Cukup disayangkan memang karena dari pengembangan mobil, Daihatsu Terios terbilang cukup berani namun masalah klasik justru kurang mendapat perhatian.

Meski suara angin dari luar terbilang cukup teredam, isulasi pada mesin terbilang masih bisa untuk ditingkatkan lagi. Terlebih dalam kecepatan tinggi, suara mesin memang cukup masuk ke dalam sehingga mengurangi kenyamanan.

Masalah ini sebenarnya juga bisa diatasi sendiri oleh pemilik kendaraan dengan memasang insulasi tambahan. Namun pastikan untuk menggunakan bahan peredam dengan kualitas baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Limbung

Melihat Kekurangan dan Kelebihan dari Daihatsu Terios

Mobil SUV sejatinya memiliki suspensi yang agak keras namun pada Daihatsu Terios, suspensi terasa telalu empuk. Kondisi ini menyebabkan mobil menjadi lebih mudah limbung khususnya pada kecepatan tinggi.

Tak hanya itu, groudn clearence dari Daihatsu Terios yang mencapai 220 mm juga dirasa memiliki peran terhadap limbungnya mobil. Padahal ketinggian tersebut sangat berfungsi untuk memastikan Mobil dapat melintasi segala medan jalan.

Meski demikian, gejala limbung pada mobil memang tidak terlalu terasa saat berkendara dalam kecepatan rendah. Kondisi ini menunjukkan bahwa pengembangan Daihatsu Terios memang lebih difokuskan agar memenuhi kebutuhan berkendaran masyarakat perkotaan yang berkendara jarak jauh hanya di waktu-waktu tertentu.

Penurunan Tenaga Mesin

Tak hanya desain yang berubah total, Daihatsu Terios juga kini menggunakan mesin baru yang diklaim cukup untuk memenuhi keinginan pelanggannya. Mesin baru tersebut adalah 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Mesin tersebut diklaim mampu memproduksi tenaga 104 PS dan torsi hingga 13.9 Kgm.

Meski diklaim memiliki efiensi bahan bakar yang lebih baik bila dibandingkan dengan mesin sebelumnya, perfoma mesin baru ini mengalami penurunan. Pasalnya mesin 3SZ-VE 1.5L dengan 4 silinder 16 Valve DOHC bersistem VVT-I yang sebelumnya digunakan mampu menghasilkan tenaga sebesar 109 PS dan torsi maksimal 14.4 kgm.

Meski demikian, Daihatsu menegaskan bahwa mesin tersebut tetap mampu memenuhi kebutuhan berkendara pelanggannya. Hal ini ditunjukkan dengan program Daihatsu Terios 7 Wonders yang menjelajahi beragam medan di Indonesia.

Brand Image

Meski merupakan saudara kembar dan pengembangan dilakukan bersamaan, brand image Daihatsu Terios tidak lebih baik dibandingkan dengan Toyota Rush. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penjualan Daihatsu Terios yang selalu lebih rendah bila dibandingkan dengan Toyota Rush.

Demikian juga harga jual kembali dari Daihatsu Terios pun tidak setinggi Toyota Rush yang cukup dikenal bertahan. Tentunya ini sesuatu yang harus menjadi pertimbangan sebelum melakukan pembelian kendaraan.

Recall Besar-besaran

Tepat pada bulan Maret 2021, Daihatsu melakukan recall besar-besaran untuk sejumlah kendaraan mereka. Salah satu kendaraan yang menjadi fokus adalah Daihatsu Terios tahun produksi 2017 hingga 2019. Recall tersebut dilakukan karena adanya potensi kerusakan pada feul pump.

Di beberapa negara, recall adalah sebuah hal lumrah dan bahwkan menjadi bukti kepedulian brand terhadap produk mereka. Namun berbeda di Indonesia, recall merupakan sebuah hal yang cukup pantang untuk diumumkan karena dianggap menunjukkan kecatatan sebuah produk.

Daihatsu pun menjadi salah satu brand di Indonesia yang cukup berani untuk mengubah pandangan tersebut dengan tegas menyampaikan recall pada Terios. Perbaikan tersebut bisa dilakukan di seluruh bengkel resmi di Indonesia dan hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja. Perbaikan pun dipastikan bebas biaya.

Keunggulan Daihatsu Terios

Meski memiliki beragam kekurangan, tidak bisa dipungkiri bahwa Daihatsu Terios masih memiliki beragam keunggulan. Keunggulan-keunggulan tersebut tentunya menjadi nilai lebih untuk mereka konsumen Daihatsu Terios.

Dan berikut adalah beberapa keunggulan Daihatsu Terios yang patut diperhitungkan

Bengkel Resmi Mudah Ditemukan di Indonesia

Melihat Kekurangan dan Kelebihan dari Daihatsu Terios

Salah satu keunggulan utama dari Daihatsu adalah jaringan dealer dan bengkel resmi yang telan menjangkau beragam lokasi di Indonesia. Tentunya ini akan memudahkan pelanggan dalam melakukan perawatan berkala yang berkualitas.

Tak hanya itu, pelanggan yang mengalami masalah  saat melakukan perjalanan juga akan terbantu dengan banyaknya fasilitas perawatan. Pasalnya Daihatsu memang telah menyiapkan beragam fasilitas yang bisa digunakan saat pelanggan mengalami situasi darurat.

Suku Cadang Daihatsu Terios Mudah Ditemukan

Melihat Kekurangan dan Kelebihan dari Daihatsu Terios

Selain bengkel resmi yang sudah tersebar di Indonesia, suku cadang dari mobil-mobil Daihatsu pun terbilang cukup mudah ditemukan. Bahkan sparepart tidak hanya bisa ditemukan di bengkel resmi melainkan di toko-toko sparepart biasa.

Menariknya lagi sebagian sparepart Daihatsu Terios sama dengan Toyota Rush sehingga bisa saling bertukar satu sama lain. Dengan ini kekhawatiran akan terjadinya kelangkaan sparepat bisa semakin diminimalisir.

Dengan kemudahan suku cadang ini tentunya tidak heran bila masyarakat cukup menyukai Daihatsu Terios. Hal ini karena masyarakat akan merasa lebih tenang karena kemungkinan kelangkaan sparepart akan semakin kecil.

Biaya Perawatan Lebih Murah

Meski banyak sparepart yang sama, harga dari suku cadang Daihatsu Terios terbilang lebih ringan ketimbang Toyota Rush. Tidak dapat dipungkiri bahwa perbedaan logo cukup mempengaruhi harga meski kualitas barang sama.

Faktor inilah yang menjadikan pelanggan Daihatsu Terios merasa lebih diuntungkan ketimbang pelanggan Toyota Rush. Bahkan tidak sedikit pelanggan Toyota Rush yang membeli sparepart asli Daihatsu Terios karena tergiur harga lebih murah.

Harga Lebih Murah

Selain itu Daihatsu Terios juga memiliki harga yang lebih murah ketimbang Toyota Rush meski fiturnya lebih banyak. Tercatat Daihatsu Terios dijual dengan harga mulai dari Rp207,3 juta hingga Rp260,5 juta.

Daihatsu Terios hadir dengan sembilan pilihan varian yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dan berikut adalah daftar harga Daihatsu Terios pada bulan Juni 2021.

Daihatsu Terios R AT Custom

Rp 260.500.000

Daihatsu Terios R MT Custom

Rp 250.900.000

Daihatsu Terios R AT DLX

Rp 258.600.000

Daihatsu Terios R AT

Rp 248.600.000

Daihatsu Terios R MT DLX

Rp 249.000.000

Daihatsu Terios R MT

Rp 239.000.000

Daihatsu Terios X AT DLX

Rp 226.900.000

Daihatsu Terios X MT DLX

Rp 217.300.000

Daihatsu Terios X MT

Rp 207.300.000

[Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar