Mobil Lubricants Mulai Produksi Oli di Cilegon

Berita Otomotif

Mobil Lubricants Mulai Produksi Oli di Cilegon

JAKARTA – PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) memperkuat lini bisnisnya dengan mulai memproduksi pelumas merek Mobil dan Mobil Super Moto di Kawasan Industri Cilegon, Banten.

Sejak mengakuisisi PT Federal Karyatama (FKT) pada 2018 silam, EMLI terus melakukan pengembangan bisnis. Menjalani 2020 yang penuh tantangan, membuka babak baru dengan memegang hak pemasaran pelumas merek Federal Oil di Indonesia.

Selain itu, pabrik FKT di Cilegon kini fokus dalam memproduksi pelumas merek Mobil dan Federal Oil. Dengan memanfaatkan kapasitas pabrik yang mencapai 700 ribu barrels per tahun, kedua pelumas tersebut lahir, tentunya dengan standar internasional dan dukungan pengalaman selama 30 taun lebih.

Saat ini pelumas merek Mobil dikatakan masih dalam tahap pemindahan produksi secara bertahap. Sebelumnya produksi oli merek Mobil dilakukan di pabrik ExxonMobil yang bertempat di Jurong, Singapura.
Mobil Super Moto
Sebagai langkah awal, EMLI melakukan seremoni penuangan pertama produk pelumas Mobil Super Moto pada Februari 2020 di Cilegon. Mobil Super Moto sendiri merupakan produk Mobil Lubricants untuk sepedamotor.

Aktivitas EMLI di Tanah Air sendiri sudah banyak merambah banyak sektor. Setidaknya tidak hanya melalui konsumen pengguna kendaraan roda dua dan empat semata. Mereka juga turut membantu dunia industri penting di Indonesia seperti transportasi, manufaktur, pertambangan dan energi.

Adapun melalui merek Federal Oil yang sudah mengudara lebih dari 30 tahun, EMLI sudah menjangkau lebih dari 10 ribu konsumen. Lebih jauh mereka juga memiliki lebih dari 15 ribu jaringan bengkel independen dan dilayani distributor di seluruh Indonesia. Hingga saat ini jumlah jaringan tersebut di atas terus dikembangkan terutama pada area-area potensial meliputi pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

Virus corona yang hadir menyelimuti seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia, memberikan celah bagi EMLI untuk terus berinovasi dalam upaya penetrasi pasar. Beberapa inovasinya antara lain servis di rumah, program berhadiah, launching produk baru, edukasi dan seminar mengenai teknologi pelumas, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami terus melakukan berbagai upaya dan penyesuaian diri dengan adaptasi kebiasaan baru ini, agar dapat terus mempertahankan eksistensi di pasar otomotif Indonesia,” ucap Patrick Adhiatmadja, Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia dalam acara webinar, Rabu, 09,09,20.

Ia berharap ke depannya EMLI dapat terus memperluas area dan memperkuat jaringan pemasaran produk. Dirinya juga berharap dengan mulai diproduksinya pelumas merek Mobil di Indonesia, bisa menjadi pemain utama di pasar. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar