Perkiraan Puncak Arus Mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Panduan Pembeli

Perkiraan Puncak Arus Mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

JAKARTA – Puncak arus mudik di akhir 2019 terbagi menjadi dua, saat perayaan natal dan tahun baru 2020.

Di Indonesia, kepadatan lalu lintas ke arah luar kota selalu terjadi beberapa kali setiap tahun. Sebagai negara dengan penduduk muslin terbanyak di dunia, momentum utama adalah Lebaran Idul Fitri yang oleh selalu dimanfaatkan sebagai waktu bersilaturahmi dengan keluarga besar yang tinggal di luar kota.

Momentum selanjutnya adalah yang sebentar lagi terjadi yakni Natal plus tahun baru. Masyarakat kerap mengambil libur panjang dari kantor untuk bertamasya bersama keluarga ke luar kota.

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) memprediksi puncak arus mudik perayaan Natal tahun ini terjadi pada 21 – 22 Desember plus 25 Desember. Berselang tiga hari kemudian, pada 28 Desember, puncak arus mudik diperkirakan terjadi lagi karena selebrasi tahun baru.

“Puncaknya untuk arus mudik sendiri saya prediksi tanggal 21-22 kemudian tanggal 25 itu sendiri. Pada 28-29 Desember juga itu. Ini akan kita prediksi terjadi kepadatan di sana,” ujar Inspektur Jendral Polisi Istiono, Kepala Korlantas Polri, seperti dikutip dari laman daring NTMC Polri.

Kepolisian rencananya akan melaksanakan apel gelar pasukan pada 20 Desember mendatang. Ada kurang-lebih 160 ribu personel yang kelak bersiaga di titik-titik yang sudah ditentukan.

“Gelar pasukan akan kita laksanakan tanggal 20 (Desember) ini, kemungkinan langsung kita ke lapangan untuk siaga. Pasukan sudah harus masuk di titik-titik yang sudah kita tentukan di pelayanan publik. Semua jalur pengamanan di jalur kita, di semua lini kita akan lakukan,” jelasnya.

Istiono mengatakan pada Natal dan Tahun Baru kali ini ada sejumlah titik konsentrasi. Titik konsentrasi itu di daerah jalur tol, non-tol, area wisata, area ekonomi, tempat ibadah, pelabuhan hingga bandara.

“Itu tempat-tempat kosentrasi sasaran yang harus kita lakukan fokus pengamanan untuk kita jamin tertib dan berjalan aman di sana,” tandasnya Istiono. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support