Kelebihan Suzuki XL7 2020, Harga Bekas di Bawah Rp200 Juta Lebih Proper Dari Avanza Baru

Mobil Bekas

Kelebihan Suzuki XL7 2020, Harga Bekas di Bawah Rp200 Juta Lebih Proper Dari Avanza Baru

Suzuki XL7 pre facelift telah meluncur sejak Februari 2020 dalam tiga varian, Alpha, Beta, dan Zeta. XL7 hadir sebagai Low SUV 7-seater yang mengambil basis dari Suzuki Ertiga. 

Mobil ini seolah kalah pamor bila dibandingkan dengan low SUV lain yang sama-sama berpenggerak roda depan.  Dengan harga di bawah Rp200 juta, Suzuki XL7 2020 menjadi opsi realistis bagi masyarakat yang mencari low SUV nyaman, terjangkau, maskulin, tapi juga tak merepotkan soal perawatan. 

4

Secara konsep desain, XL7 masih begitu banyak kesamaan dengan Ertiga yang jadi saudara tuanya. Bedanya, fitur di XL7 jauh lebih beragam dengan harga cuma selisih sedikit lebih mahal ketimbang Ertiga. Nah, XL7 bekas pun kami rasa layak jadi opsi lain ketimbang Ertiga karena keunggulannya.

Sebelum kalian membeli Suzuki XL7 bekas, sebaiknya ketahui dahulu kelebihan dari Low SUV yang satu ini.

Kelebihan Suzuki XL7 2020, Low SUV yang Serba Proporsional

1. Penampilannya Kalem, Maskulin, Namun Tidak Berlebihan

1Desain Suzuki XL7 tampilannya kalem dan maskulin tapi tidak agresif Seperti Mitsubishi Xpander. Paras XL7 pun tidak dianggap aneh seperti Confero walau sama-sama punya kaca jendela pintu baris kedua yang lebar. 

Suzuki XL7 hadir dengan desain bold dan gagah di eksterior dengan ornamen muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, bold LED headlamp with DRL, hingga roof rail. Desain grill yang cuma sepasang bilah tipis beraksen krom membuatnya tetap low profile. 

Suzuki XL7 memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm. Sementara Ertiga memiliki dimensi lebih kecil sedikit dengan panjang 4.395 mm x lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. 

XL7 posturnya lebih tinggi dari Ertiga, dimana ground clearance mobil ini mencapai 200 mm yang berasal dari profil ban dan velg. Dari data speknya, XL7 mengusung ban berukuran 195/60 R16, sementara Ertiga 185/65 R15.

3

Sebagai informasi, Suzuki XL7 dikembangkan di India dan merupakan konversi dari model XL6 di negara tersebut. Meskipun demikian, desain XL7 yang serba kalem bisa diterima oleh selera orang Indonesia, mirip seperti Avanza generasi ketiga atau Mobilio facelift.  

Lebih lanjut, Suzuki dikenal sebagai brand yang bagus soal built quality terutama soal body. Ini jadi ciri khas mobil racikan India yang unggul dari aspek metalurgi, termasuk plat body.

2. Fitur Suzuki XL7 Cukup Oke di Harga Bekas Under Rp200 Juta

7

Untuk mobil yang baru berusia tiga tahun, depresiasi Suzuki XL7 cukup besar. Alasannya sederhana, karena Suzuki berani memberi diskon besar untuk pembelian mobil baru sehingga berdampak pada harga bekas yang terdesak turun. Meskipun harga bekasnya cukup anjlok, tapi fiturnya termasuk yang paling oke di segmen low SUV.

Bisa dibilang Suzuki XL7 merupakan penyempurnaan dari Ertiga, dengan fitur yang lebih komplit. Suzuki XL7 tipe Alpha hadir dengan fitur-fitur canggih seperti smart e-mirror yang merupakan spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung, juga terdapat keyless push start stop button.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur hiburan seperti layar sentuh berukuran 10 inci, sistem audio dengan enam speaker, dan koneksi Bluetooth. Fitur lainnya di tipe tertinggi XL7 2020 terdapat AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga. 

13

Tak hanya itu, XL7 juga sudah disematkan pendingin minuman pada cup holder bagian tengah. Jadi, menambah nilai fungsional dan kepraktisan saat perjalanan jauh bersama keluarga.

Selain itu, untuk menambah faktor keamanan, Suzuki XL7 dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

3. Spesifikasi Suzuki XL7 2023 Masih Pakai Matic Konvensional, Lebih Responsif dan Tangguh

5Suzuki XL7 2020 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Pilihan transmisinya ada manual 5-percepatan atau otomatis konvensional 4-percepatan.

Hal yang terpenting dari generasi Suzuki XL7 yaitu masih setia pakai 4AT. Untuk pemburu mobil second disarankan untuk cari yang matic konvensional ketimbang CVT. 

Meskipun dianggap jadul, tapi soal maintenance transmisi matic konvensional di XL7 akan jauh lebih worry free dibandingkan Mobilio, Avanza/Xenia, BR-V, hingga Xpander Cross yang kini sudah beralih ke CVT.

Alasannya terdapat pada durabilitas transmisi CVT yang kalah tangguh daripada matic konvensional. Kalau kita tidak teliti saat cek unit dan memeriksa riwayat pemakaian sebelumnya, bakal bikin tekor untuk perbaikan CVT.

Sebagai gambaran, dengan budget kisaran Rp15 juta, kita bisa overhoul transmisi 4AT hingga selesai. Sedangkan untuk estimasi overhoul matic CVT minimal Rp20 juta hingga Rp40an juta.

Kesimpulan

3

Dengan budget maksimal Rp200 juta, Suzuki XL7 2020 menjadi opsi mobil bekas yang paling ideal dari segala aspek. Mulai dari usia mobil yang baru menginjak tiga tahun, sehingga tingkat keausan komponen mesin belum parah.

Selain itu, fitur dan kelengkapan dari mobil ini tak kalah menarik dibanding merek sebelah. Dan yang tak kalah penting ialah masih setia dengan transmisi otomatis konvensional, yang lebih tangguh dan hemat perawatan ketimbang CVT.

Untuk harga segitu, sulit mencari opsi lain yang bisa menawarkan kombinasi fitur, tahun produksi, spesifikasi, dan akomodasi kabin yang serba proporsional sebagaimana di Suzuki XL7. 

Bagaimana, tertarik? 

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang