Penjualan Naik 49%, Isuzu Masih Merek Mobil Terlaris ke-7 di Indonesia

Berita Otomotif

Penjualan Naik 49%, Isuzu Masih Merek Mobil Terlaris ke-7 di Indonesia

JAKARTA – Perbaikan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19 mendorong pertumbuhan penjualan mobil-mobil niaga Isuzu secara pesat pada 2021.

Marketing Division Head PT. Isuzu Astra Motor Indonesia Attias Asril, dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), menjelaskan penjualan retail mereka selama Januari-Juli 2021 naik pesat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama tujuh bulan pertama tahun ini Isuzu membukukan penjualan 13.760 unit. Ada kenaikan 49,4 persen yoy, dari sebelumnya 9.211 unit.

Sedikit mengingatkan, pada Januari-Juli 2020 pasar mobil amat terpukul karena dampak pandemi Covid-19 yang masuk Indonesia mulai Maret. Ditambah lagi ada pembatasan mobilitas ketat untuk pertama kalinya dilakukan di Jakarta serta berbagai daerah lain mulai awal April hingga awal Juni.

Isuzu Traga

“Memang segmen mobil komersial itu, pada saat ekonomi direm akan langsung turun. Tapi akan dengan cepat bangkit lagi saat (ekonomi mulai pulih) kembali,” ucap Aat, sapaan akrab Attias, pada Selasa (24/8/2021).

Setidaknya ada tiga model Isuzu dengan kontribusi penjualan terbanyak selama periode Januari-Juli 2021. Penyumbang terbanyak merupakan trio andalan Isuzu yang fokus menggarap segmen kendaraan niaga.

Pikap medium Isuzu Traga ada di posisi nomor wahid dengan raihan 6.224 unit, diikuti oleh light duty truk (truk ringan) Isuzu Elf dengan 6.221 unit.

“Jadi, Traga dan Elf kurang-lebih sama, 6.200-an unit,” tukas dia menjawab pertanyaan Mobil123.com mengenai model-model terlaris.

Di tempat ketiga, terdapat medium duty truck (truk medium) Isuzu Giga. Adapun penjualannya 1.144 unit.

mobil-mobil niaga Isuzu

Aat memaparkan segmen logistik, general transporter, maupun kurir masih memainkan peran besar bagi penjualan mobil niaga di tengah pandemi Covid-19. Di sisi lain, sektor komoditas juga menunjukkan kebangkitan.

“Mulai ada peningkatan untuk penggunaan (kendaraan niaga) di sektor komoditas seperti kelapa sawit dan sebagainya pada area-area tertentu. Nah, ini juga mendorong terjadinya peningkatan penjualan kami,” pungkasnya.

Kukuh di Nomor Tujuh

Kembali mengacu pada data Gaikindo, Isuzu selama Januari-Juli 2021 masih bercokol di 10 besar merek mobil terlaris di pasar Tanah Air. Seperti pada periode yang sama tahun lalu, posisi pabrikan otomotif asal Jepang ini tetap di peringkat ketujuh.

Pangsa pasar Isuzu untuk total pasar mobil nasional (mobil penumpang ditambah niaga) ialah 3 persen. Ini naik dari 2,8 persen pada Januari-Juli 2020. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar