Michael Jordan, Mantan Bintang Basket NBA Kini Dagang Mobil Nissan

Berita Otomotif

Michael Jordan, Mantan Bintang Basket NBA Kini Dagang Mobil Nissan

WASHINGTON D.C - Mantan pebasket National Basketball League (NBA) Michael Jordan masih tetap memiliki banyak sumber pemasukan di kala pensiun, salah satunya dari dealer Nissan miliknya.

Para selebritas maupun figur publik di Amerika Serikat (AS) tampaknya memang sadar betul potensi menggiurkan bisnis otomotif. Selain Mark Wahlberg yang mempunyai dealer Chevrolet di ‘Negeri Paman Sam’, ternyata Michael Jordan juga mempunyai mempunyai sebuah dealer mobil.

Sosok berjuluk ‘MJ’ tersebut, menurut Business Insider baru-baru ini, mempunyai dealer Nissan di Durham, Carolina Utara, AS. Bisnis dealer itu sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak cukup lama, tapi digaungkan lagi oleh Business Insider karena pendapatan Jordan masih sangat sangat besar meski sudah tak lagi aktif bermain.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, dealer tersebut menaruh besar-besar nama ‘Michael Jordan’ di bagian atas gedung. Dealer ini disebut sebagai ‘Michael Jordan Nissan’.

Pemasukan Jordan, selain dari dealer Nissan, juga datang antara lain dari dividen 90 persen saham di klub Charlotte Hornets. Ia membelinya pada 2010 senilai 175 juta dollar AS (Rp 2,53 triliun) dan klub itu sekarang bernilai lebih dari 1 miliar dollar AS (Rp 14,48 triliun).

Ada pula pendapatan dari royalti merek Nike Air Jordan yang masih laris manis hingga detik ini. Phil Knight, Pendiri Nike, sampai mengatakan bahwa menggandeng Michael Jordan adalah keputusan terbaik yang pernah ia buat.

Merek Air Jordan setiap tahun masih membawa pemasukan rata-rata lebih dari 3 miliar dollar AS (Rp 43,44 triliun) bagi Nike.

Jordan, yang kesohor dengan nomor punggung 23, juga menjadi bintang iklan dari berbagai produk. Salah satunya adalah Gatorade. Ia juga dikenal sangat selektif menjadi bintang iklan atau duta sebuah produk.

Lelaki kelahiran 17 Februari 1963 ini didaulat Forbes sebagai orang ke-455 terkaya di AS pada 2018. Dia juga menjadi mantan atlet profesional terkaya.

Jordan masih menghasilkan uang lebih banyak dari pebasket-pebasket yang masih aktif semisal LeBron James, Stephen Curry, Kevin Durant. Kekayaan bersihnya pada tahun lalu diperkirakan mencapai 1,9 miliar dollar AS (Rp 27,51 triliun). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support