Jualan Mobil Februari 2021 Lunglai karena Konsumen Tunggu PPnBM 0 Persen

Berita Otomotif

Jualan Mobil Februari 2021 Lunglai karena Konsumen Tunggu PPnBM 0 Persen

JAKARTA – Seperti perkiraan, penjualan mobil nasional pada Februari 2021 melesu jika dibandingkan dengan sebulan sebelumnya. Penyebabnya adalah pengumuman insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen pada Februari.

Diberitakan sebelumnya, Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) di dealer – dealer terpantau menurun setelah pengumuman relaksasi PPnBM pada pekan kedua Februari.

Masyarakat dinilai lebih menunggu Maret, saat kebijakan yang menurunkan harga jual mobil tersebut dimulai. Stimulus dari pemerintah itu sendiri berupa insentif PPnBM hingga menjadi 0 persen pada Maret – Mei, dilanjutkan dengan insentif PPnBM 50 persen dari tarif normal (Juni – Agustus) dan kemudian insentif PPnBM 25 persen dari tarif normal (September – Desember).

Secara total, terdapat 21 model kendaraan yang turun harga mulai bulan ini, karena memenuhi persyaratan dari pemerintah untuk menerima stimulus fiskal. Di antara model - model yang harganya jadi lebih murah dari semestinya terdapat Toyota Avanza serta Suzuki XL7.

Harga Daihatsu Xenia turun karena ada insentif PPnBM 0 persen pada 2021

Transaksi jual – beli Februari terbukti benar – benar lunglai. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terbaru menunjukkan penjualan dari sisi wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) turun 7,5 persen jika dibandingkan Januari, dari 52.909 unit menjadi 49.202 unit.

Dari sisi penjualan retail (distribusi dealer ke konsumen), persentasenya lebih dalam lagi. Turunnya 15 persen, dari 53.996 unit 46.943 unit.

Dua eksekutif agen pemegang merek mobil populer yang Mobil123.com hubungi menyatakan penyebabnya tunggal: konsumen menahan pembelian demi menanti penurunan harga mulai Maret.

Amelia Tjandra, melalui pesan singkat pada Rabu (10/3/2021), menyatakan pada umumnya konsumen menunda sampai relaksasi PPnBM diimplementasikan.

“Beberapa konsumen tetap melakukan booking, namun melakukan retail di Maret ini dengan mendapatkan relaksasi pajak,” tambah Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) dalam pesan singkatnya.

Harga Honda Brio RS turun karena PPnBM 0 persen pada 2021

Secara total, penjualan mobil Januari – Februari 2021 yang masih diganggu pandemi virus Corona (Covid-19) mencapai 102.111 unit secara wholesales serta 100.939 unit dari perspektif retail. Penurunannya, jika dibandingkan periode yang sama pada 2020 (year to date), adalah 56,8 persen dari sisi wholesales dan 57,4 persen dari sisi retail.

Penjualan mobil pada awal Maret sendiri dikatakan positif oleh para eksekutif merek – merek mobil yang mendapatkan relaksasi PPnBM. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar