Jokowi : Industri Otomotif Indonesia akan Tetap Berkembang, Dengan Catatan

Berita Otomotif

Jokowi : Industri Otomotif Indonesia akan Tetap Berkembang, Dengan Catatan

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara langsung meresmikan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Presiden yang akrab disapa Jokowi tersebut mengatakan, bahwa Indonesia saat ini akan menjalankan revolusi industri 4.0. Hal ini tentunya akan berimbas pada industri otomotif dalam waktu dekat.

“Revolusi industri 4.0 saat ini sudah dekat dan akan menghampiri Indonesia. Hal ini akan mengakibatkan jumlah komponen otomotif akan meciut sepersepuluh dari sebelumnya. Kalau semua mobil di Indonesia jadi listrik, maka industri otomotif akan menciut 90 persen,” ucap Jokowi dalam sambutannya di Jakarta (19/04).

Meskipun begitu, dirinya percaya bahwa industri otomotif justru akan tetap berkembang. Namun dikatakan bahwa jenis bisnis yang dilakukan akan berbeda. Jokowi mencontoh ekperimen yang tengah dilakukan BMW pada mobil publik.

“Saya percaya bahwa pertumbuhan industri otomotif justru akan bertambah. Namun jenis pekerjaannya akan berbeda. Saya mendengar kalau BMW tengah bereksperimen dengan mobil abodemen. Jadi nantinya semua orang bisa menggunakan mobil BMW tipe apa saja tanpa harus membeli,” jelasnya.

Dirinya mengatakan bahwa tidak hanya mengndalkan transportasi publik, mobil yang akan dipakai oleh orang banyak juga akan terus berkembang. Mobil yang memiliki banyak jam terbang tersebut tentunya akan membutuhkan perawatan lebih ekstra seperti cuci mobil atau salon mobil.

“Mobil jenis ini lifcyclenya hanya 2 sampai 4 tahun. Memang akan ada gejolak di industri otomotif, namun semuanya bisa diatasi jika kita mau melek dan mendalami secara tepat dan cepat,” kata Jokowi kemudian.

IIMS 2018 sendiri telah mengaplikasikan teknologi digital. Mereka tidak lagi menerapkan sistem tiket konvensional, namun menerapkan sistem digital atau wristband. Pameran tahunan ini akan berlangsung dari 19 hingga 29 April 2018. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar