Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Isuzu Fokus Banget ke Mobil Komersial, Mu-X pun Lebih Sasar Korporasi

Berita Otomotif

Isuzu Fokus Banget ke Mobil Komersial, Mu-X pun Lebih Sasar Korporasi

TANGERANG – Isuzu Mu-X tahun ini makin didorong ke pasar kendaraan komersial. Segmen retail alias konsumen perorangan hanya ‘pelengkap’.

Sekadar mengingatkan, Mu-X generasi ketiga mengaspal di Tanah Air tahun lalu, tepatnya dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada November 2021. Hanya satu varian yang dijual yakni 4x4 AT.

Marketing and Sales Division PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril, di tengah berlangsungnya GIIAS 2022, menegaskan lagi fokus mereka merambah berbagai segmen mobil niaga.

Bahkan, sport utility vehicle (SUV) Mu-X pun lebih dipasarkan sebagai mobil untuk keperluan bisnis lewat tipe tersebut.

Aat, sapaan Attias, menyatakan mulai tahun ini Mu-X makin ‘digiring’ khususnya ke sektor pertambangan dan perkebunan.

“Pasarnya (Mu-X) yang besar memang untuk kebutuhan mobil penumpang, bukan bisnis. Itu pasti,” buka Aat, sapaan Attias, menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai acara Diskusi Santai pada Jumat (19/8/2022) di Serpong, Tangerang.

“Tapi, kenapa belum masuk ke sana? Sumber daya kami terbatas maka kami harus tentukan prioritas. Yang sejalan dengan fokus utama kami yang mana,” lanjut dia.

Isuzu melihat adanya kebutuhan SUV bagi para pemimpin perusahaan pertambangan dan perkebunan. Oleh karena itu, versi penyegaran model Mu-X 4x4 yang dirilis pada 2022 lebih mewah.

“Komposisi antara fleet dengan retail untuk penjualan Mu-X mungkin 70 persen berbanding 30 persen. Bahkan mungkin lebih besar,” pungkas Aat.

Secara garis besar, Isuzu sekarang merambah Indonesia dengan lima model. Di samping Mu-X, ada medium pickup Isuzu Traga, light duty truck Isuzu Elf, medium duty truck Isuzu Giga, serta double cabin pickup Isuzu D-Max.

Traga, yang sudah dirakit secara lokal, bahkan telah diekspor sejak 2019. Adapun negara-negara tujuannya sekarang terletak di Asia Tenggara serta Amerika Tengah.

Fokus Isuzu ke segmen kendaraan komersial sejak beberapa tahun belakangan sudah ‘memakan korban’. Tahun lalu, tepatnya pada Februari 2021, Isuzu ‘menyuntik mati’ multi purpose vehicle (MPV) legendaris mereka yang eksis sejak 1991 yakni Panther.

Sepanjang Januari-Juli 2022, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) dari Isuzu berjumlah 17.808 unit.

Ada peningkatan 29,4 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang