Isuzu Elf NMR 81, Dukungan Kepada Pemerintah Menuju EURO IV

Berita Otomotif

Isuzu Elf NMR 81, Dukungan Kepada Pemerintah Menuju EURO IV

TANGERANG - Isuzu Elf NMR 81, truk ringan bermesin commonrail pertama di Indonesia merupakan bentuk PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mendukung langkah pemerintah dalam menerapkan standar EURO IV. 

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, PT IAMI memperkenalkan produk terbarunya yaitu Isuzu Elf NMR 81. Kendaraan ini menjadi truk ringan pertama yang mengaplikasi mesin commonrail. Hal Ini dilakukan untuk mengiringi rencana pemerintah Indonesia untuk menurunkan emisi gas buang kendaraan di Tanah Air.

Pada 2015 lalu, Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia telah menandatangai kesepakatan bersama UN Climate Conference COP21 di Prancis. Kali itu, Indonesia menyatakan komitmennya untuk menurunkan emisi sebesar 29% di bawah business as usual pada tahun 2030 atau 41% dengan bantuan International.

Dua tahun berselang, tepatnya pada 2017 akhirnya muncul peraturan Menteri Lingkungan Hidup No P.20/MENLHK/SETJEN/KUM1.3/2017 atau dikenal Peraturan EURO IV. Isi ketetapannya adalah bahwa kendaraan berbahan bakar bensin sudah harus EURO IV pada 2018. Sementara yang bermesin diesel pada 2021. 

“Isuzu sangat mendukung keputusan pemerintah mengenai EURO IV. Kami mulai dengan hadirnya Isuzu GIGA sebagai kendaraan medium truk pertama yang menggunakan mesin commonrail dan kami lanjutkan dengan Isuzu Elf NMR 81 pada tahun ini," ujar Ernando Demily, President Director PT IAMI.

Keberadaan produk ini diharapkan bisa membantu mobilitas niaga di bidang mining, quarrying, agriculture, forestry, fishing dan construction. Apalagi, Isuzu Elf NMR 81 juga ditunjang dengan beberapa keunggulan termasuk penggunaan suspensi depan dan belakang multi leaf spring.  

"Mulai dari faktor performance, kekuatan serta faktor keamanan, keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara," Ujar Attias Asril, General Manager Marketing PT IAMI.

Isuzu Elf NMR 81 dibekali mesin baru 4HL1- TC dengan injection commonrail (145-1600MPa) bertenaga 147 hp. Tenaga tersebut disalurkan oleh sistem transmisi 6 percepatan. Hal itu lah yang membuat truk ini diklaim menjadi kendaraan Light truck yang durable, good performance dan juga good under carriage. [Ary/Ari]  



Ary Dwinoviansyah

Ary Dwinoviansyah

Ary mulai bekerja sebagai seorang jurnalis otomotif sejak tahun 2008 dan sangat mencintai sepedamotor. Nonton MotoGP merupakan salah satu hobi untuk menghabiskan akhir pekannya. Dia juga memimpikan memiliki mobil Transformers.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual