Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Tips Posisi Spion yang Aman dari Nissan

Panduan Pembeli

Ini Tips Posisi Spion yang Aman dari Nissan

JAKARTA – PT Nissan Motor Indonesia (PT NMI) memberi tips sederhana untuk mengatur kaca spion agar fungsinya bisa lebih maksimal.

PT NMI menilai bahwa kaca spion harus diatur posisinya agar memudahkan pengemudi untuk berpindah jalur atau melihat kondisi di belakang kendaraan. Dengan demikian keselamatan berkendara diharapkan bisa lebih maksimal.

"Kaca spion memang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Untuk itu pada beberapa varian mobil Nissan dan Datsun, kami sudah menyematkan fitur electric mirror sehingga memudahkan pengendara mengatur posisi kaca spion," ungkap R. I. Hana Maharani - Head of Communications PT NMI.

Untuk mengatur spion, pengemudi diharuskan duduk pada posisi terbaiknya. Sesuaikan spion hingga Anda bisa melihat sedikit bagian dari sisi pinggir kanan mobil Anda. Lakukan hal yang sama untuk spion kiri.

Patut diingat bahwa pantuan yang tampil pada kaca spion haruslah memperlihatkan jalur jalanan samping belakang. Dengan begitu, jika hendak berpindah jalur, Anda bisa melakukannya dengan aman.

Selain spion kanan kiri, pengemudi juga harus menyesuaikan spion tengah kendaraan. Berbeda dengan spion kanan kiri yang harus menampilkan pantulan gambar kondisi jalanan bagian samping belakang, maka bagian tengah harus menampilkan pantulan gambar kondisi di belakang kendaraan.

Pada beberapa kendaraan, spion tengah umumnya sudah dibekali dengan Day/Night Rearview Mirror. Keunggulannya adalah spion ini bisa disesuaikan kebutuhannya agar pengemudi tidak terkena sorot lampu kendaraan dari belakang secara langsung sehingga membuat silau.

Dengan menyesuaikan posisi spion maka diharapkan pengemudi dapat berkendara dengan lebih aman karena blind spot kendaraan akan berkurang. Meski demikian, beberapa mobil telah dilengkapi dengan blind spot detection yang akan memberi peringatan berupa sebuah simbol di spion guna menambah tingkat keselamatan berkendara. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang