Ini Hasilnya Jika Ferrari Ciptakan Mesin 2-Tak Layaknya Yamaha RX-King

Berita Otomotif

Ini Hasilnya Jika Ferrari Ciptakan Mesin 2-Tak Layaknya Yamaha RX-King

MARANELLO - Ferrari ternyata pernah menciptakan mesin 3 Silinder 2 tak dan berkapasitas hanya 1.3-liter.

Apa yang Ferrari ciptakan ini tentu diluar dari kebiasaan pabrikan supercar paling populer di dunia ini. Mereka menciptakan mesin hanya bersilinder 3 berkapasitas 1.3-liter dengan siklus pembakarannya hanya 2-tak atau 2 langkah.

Ini artinya hanya 1/4 dari mesin-mesin V12 yang melegenda seperti milik Ferrari F50. Atau masih jauh lebih kecil dari keluarga mesin V8 yang banyak digunakan pada model-model Ferrari. Untuk diketahui, Ferrari sendiri pernah menggunakan mesin terkecil 4 silinder pada tahun 1950an dan kemudian V6 pada tahun 1970an.

Mesin 3 silinder hasil ciptaan Ferrari tersebut ada di museum mereka di Maranello. Menurut keterangan, mesin yang juga dilengkapi turbocharged ini dibuat Ferrari di awal tahun 1990an dan diperuntukan sebagai bahan pengujian.

Dari mesin kompak ini Ferrari berencana menciptakan mesin 2-tak 6 silinder. Artinya mesin 3 silinder ini nantinya akan digabungkan dengan konfigurasi V, menjadi mesin V6 2-tak supercharged.

Sulit dibayangkan, apalagi Anda coba sambungkan dengan mesin motor-motor 2-tak jadul seperti  Yamaha RX-King misalnya. Bagaimana kebulan asapnya, isi oli samping hingga suaranya yang kurang nyaman didengar.

Mesin 2-tak sendiri kini sudah tidak diciptakan lagi oleh pabrikan dunia terutama oleh para produsen sepeda motor. Sistem pembakaran 2 langkah piston ini dianggap tidak efisien dan memiliki kekuatan atau powerband yang disebut sempit.

Namun apa yang dibuat Ferrari ini tentu berbeda dibandingkan mesin 2-tak pada umumnya. Mesin ini menggunakan injeksi bahan bakar bahan bakar twin-port bukan karburator seperti pada mesin 2-tak lainnya. Berikut dengan katup buang yang dikendalikan oleh camshaft.

Belum lagi penggunaan supercharger yang membantu mengatasi jebakan di mesin 2-tak. Perangkat ini dapat mengelola dengan baik antara memompa lebih banyak udara ke dalam silinder juga membantu mengatur keluaran gas buang. Kinerja ini tentu akan meningkatkan efisiensi pembakaran.

Dalam video dari akun Youtube Drive Tribe sejarah mesin 2-tak 3 silinder Ferrari ini diulas dengan cukup detail. Hal yang masih misteri tentu adalah kenapa Ferrari tidak pernah memproduksi mesin dengan konfigurasi ini.

Dalam video sang host menyebutkan dan mempercayai jika Ferrari mentok pada soal emisi gas buang dari mesin 2-tak. Mereka belum menemukan teknologi yang tepat untuk memastikan mesin ini ramah lingkungan.

Lainnya disebutkan soal tenaga yang dihasilkan dari mesin ini disebut tidak memadai untuk mengakomodir mobil-mobil Ferrari. Mesin 3 silinder 2-tak ini disebutkan hanya menghasilkan 130 hp.

Namun Ferrari sendiri sempat mengklaim bahwa dengan penambahan turbocharged, sejatinya mesin ini memiliki tenaga hingga 216 hp. Dan akan berlipat menjadi 432 hp jika 2 mesin digabungkan dalam konfigurasi V6.

Lebih lanjut, yuk simak video berikut ini.

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar