Kenali Ciri-ciri Master Rem Mobil Mulai Rusak

Panduan Pembeli

Kenali Ciri-ciri Master Rem Mobil Mulai Rusak

JAKARTA – Master rem atau brake master cylinder merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting pada mobil. Sebab, komponen tersebut berfungsi untuk memberikan tekanan hidraulis pada rem untuk mengurangi laju kendaraan.

Master rem ditempatkan di ruang mesin, biasanya di dinding pemisah ruang mesin dengan kabin (firewall) pada sisi pengemudi.

Penempatan tersebut dilakukan karena master rem memang harus dekat dengan pedal rem. Master rem ini menempel pada brake booster atau booster rem yang bertugas memperbesar energi injakan pedal rem oleh pengemudi.

Kinerja dari master rem sangat vital, sehingga jangan sampai terlewat saat melakukan perawatan. Ini penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti rem blong yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Berikut ini beberapa ciri master rem mobil yang mulai rusak:

Rem Mobil Tidak Pakem

Ini Ciri Master Rem Mengalami Kerusakan

Rem tidak pakem menjadi salah satu ciri master rem mulai rusak.

Bila belum sempat ke bengkel untuk melakukan perbaikan, maka coba untuk kocok pedal rem berulang kali saat melakukan pengereman. Langkah tersebut bisa membantu memperlambat laju kendaraan.

Penyebab dari kerusakan tersebut umumnya karena master rem sudah mulai aus, tapi masih bisa digunakan.

Biasanya, kerusakan tersebut ditandai dengan adanya rembesan minyak rem di bangian belakang dekat dengan booster rem.

Bentuk Seal Master Rem Berubah

Minyak rem merupakan elemen penting untuk memacu tarikan tuas rem. Bila minyak rem tidak mengalir normal maka akan menyebabkan master rem rusak. Kondisi ini terjadi karena seal master rem tidak mengembang.

Seal master rem yang rusak umumnya dikarenakan telah aus serta adanya bekas gesekan berbentuk garis.

Kondisi ini bisa semakin parah bila minyak rem bocor. Akibatnya tuas rem yang dipacu tidak bisa bekerja dengan optimal untuk menghentikan gaya gerak roda pada kendaraan.

Dinding Rem Berkarat

Ini Ciri Master Rem Mengalami Kerusakan

Dinding bagian dalam master rem memiliki fungsi menjaga sistem pengereman agar bekerja dengan aman.

Dinding rem juga mencegah adanya kotoran yang masuk ke dalam rem. Namun bila dinding rem telah berkarat maka akan membahayakan, karena akan ada celah didalamnya. Celah ini dapat membuat debu masuk ke dalam rem, sehingga bisa membuat kinerja rem terhambat. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar