Cara Cek Plat Nomor Online, Indentifikasi Kendaraan Nakal Semakin Mudah

Panduan Pembeli

Cara Cek Plat Nomor Online, Indentifikasi Kendaraan Nakal Semakin Mudah

Seluruh kendaraan bermotor selalu dilengkapi dengan plat nomor atau biasa dikenal juga dengan nomor polisi. Untuk keperluan tertentu cek plat nomor kendaraan pun semakin diperlukan, terutama cara praktis secara online.

Tujuan dari adanya plat nomor tersebut adalah untuk memudahkan masyarakat dan pihak kepolisian mengidentifikasi kendaraan. Dengan demikian, bila terjadi kecelakaan, keadaan darurat hingga tindakan kriminal yang melibatkan kendaraan maka proses identifikasi akan menjadi lebih mudah.

Plat nomor pun terbilang sangat penting karena bisa dikatakan sebagai identitas utama dari sebuah kendaraan. Kendaraan yang tidak memiliki plat nomor kendaraan pun dilarang untuk digunakan hingga pemilik melakukan pengurusan.

Di Indonesia, plat nomor kendaraan hanya berlaku selama lima tahun. Setelah lima tahun maka plat nomor harus diperbarui di Samsat yang sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sang pemilik kendaraan. Ada pun pembaruan plat nomor tidak bisa sembarangan karena harus melalui prosedur pemeriksaan fisik seperti nomor rangka dan nomor mesin.

Nomor kendaraan pun bisa diganti bila memang pemilik kendaraan menghendaki hal tersebut. Prosedur yang dilakukan pun sama yaitu dengan mendatangi Samsat dan melakukan pemeriksaan fisik seperti nomor rangka dan nomor mesin.

Melihat pentingnya nomor kendaraan tersebut membuat masyarakat perlu mengetahui identitas kendaraan secara cepat. Namun, cara konvensional dengan mendatangi Samsat terdekat tentu akan membuang waktu percuma.

Terlebih, dengan kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) seperti sekarang ini tentunya akan berisiko tinggi. Untuk itu diperlukan sebuah inovasi agar memeriksakan identitas kendaraan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan metode konvensional.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan

Ada beberapa cara untuk cek plat nomor kendaraan mulai dari datang langsung ke Samsat atau online seperti melalui aplikasi hingga memanfaatkan layanan SMS. Masyarakat pun dapat mengetahui siapa pemilik kendaraan tanpa harus meluangkan waktu terlalu banyak.

Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Plat nomor

Salah satu cara paling mudah adalah dengan memeriksakan plat nomor secara online melalui situs resmi E-Samsat. Namun E-Samsat di masing-masing daerah berbeda sehingga disarankan untuk memeriksa daerah masing-masing sebelum melakukan pencarian.

Untuk wilayah DKI Jakarta misalnya, alamat situs adalah https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. dalam situs tersebut, pemohon cukup menuliskan nomor kendaraan, huruf dibelakang dan nomor induk kependudukan (optional).

Data yang ditampilkan pun terbilang cukup lengkap meski ada beberapa yang memang dirahasiakan seperti alamat pemilik hingga nomor rangka kendaraan. Meski demikian, disebutkan apakah kendaraan tersebut menunggak pajak atay tidak dan sebagainya.

Selain DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat juga memiliki situs serupa yaitu https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/. Pada situs tersebut, masyarakat cukup memasukkan nomor kendaraan, warna plat kendaraan dan memasukkan kode kode verifikasi yang memastikan bahwa situs digunakan oleh manusia.

Setelah itu, pengguna akan mendapatkan sejumlah informasi tentang kendaraan mulai dari merk kendaraan, model kendaraan, tahun produksi, warna kendaraan, nomor rangka, dan nomor mesin. Di situ juga pengguna atau pemilik bisa melihat info rincian pajak kendaraan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).

Pilihan lain adalah dengan memanfaatkan situs cekpajak.com. situs tersebut bisa menampilkan informasi tentang kendaraan namun pengguna harus lebih detail memberikan data. Pasalnya selain harus menuliskan nomor polisi, pengguna juga harus memberikan 5 digit terakhir dari nomor rangka kendaraan yang hendak diperiksa.

Menggunakan SMS

Cara lain untuk memeriksakan plat nomor kendaraan yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan SMS. Sama seperti secara online, masing-masing wilayah memiliki nomor yang berbeda-beda sehingga harus pemeriksaan harus disesuaikan dengan domisili kendaraan.

Dan berikut adalah daftar nomor untuk memeriksakan nomor kendaraan.

  • Jakarta: "METRO(spasi)No Kendaraan" ke 1717
  • Jawa Barat: "INFO(spasi)No Kendaraan" ke 08112119211
  • Jawa Tengah: "JATENG(spasi)No Kendaraan" ke 9600
  • Jawa Timur: "JATIM(spasi)No Kendaraan" ke 7070
  • Kepulauan Riau: "KEPRI(spasi)No Kendaraan" ke 9969
  • Yogyakarta: "DIY(spasi)No Kendaraan" ke 9600

Khusus untuk aplikasi ini akan dikenakan biaya dengan tarif yang berbeda-beda. Tak hanya itu, masyarakat juga harus menunggu sedikit lebih lama bila dibandingkan dengan melakukan pemeriksaan secara online.

Gunakan Aplikasi

Selain menggunakan situs resmi, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi di smartphone masing-masing. Aplikasi di masing-masing wilayah Kepolisian pun berbeda-beda dan umumnya baru tersedia pada Play Store. Untuk pengguna iOS, pilihannya kurang banyak.

Dan berikut adalah aplikasi yang bisa diunduh

  • Jawa Tengah: SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
  • Jawa Timur: E-Smart Samsat Jatim
  • Jawa Barat: SAMBARA
  • Jakarta: Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
  • Yogyakarta: Pajak Kendaraan Yogyakarta
  • Aceh: Peluit Ditlantas Polda Aceh
  • Kepualauan Riau: Esamsat Kepri
  • Sulawesi Utara: Info Pajak Kendaraan Sulut
  • Lampung: Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
  • Sulawesi Selatan: eSamsat Sulsel
  • Kalimantan Utara: eSamsat Kalimantan Utara

Tentunya semua plat kendaraan bisa diperiksa melalui cara-cara ini, baik itu plat kuning maupun plat hitam. Dengan memanfaatkan kemudahan-kemudahan tersebut tentunya akan membuat masyarakat tidak akan merasa membuang waktunya dengan percuma. Keputusan untuk membeli sebuah kendaraan atau tidak dapat dibuat dengan lebih cepat ketimbang harus memeriksakan plat kendaraan ke Samsat.

Tak hanya pembeli yang diuntungkan, penjual kendaraan bekas juga mendapatkan keuntungan. Mereka tidak perlu mengantarkan mobil ke Samsat yang tentunya berisiko membuat mobil mengalami kecelakaan di tengah jalan. transaksi pun bisa langsung dilakukan bila pelanggan sudah setuju untuk melakukan pembelian.

Manfaat Mengetahui Indentitas Kendaraan

Periksa Plat Nomor Secara Online

Lantas apa sebenarnya manfaat mengetahui identitas dari pemilik kendaraan melalui plat nomor kendaraan? Tentunya ada banyak. Salah satunya adalah bagi calon pembeli yang hendak membeli kendaraan bekas.

Dengan mengetahui identitas pemilik kendaraan sebelumnya maka calon pelanggan bisa lebih yakin terhadap status dari kendaraan tersebut. Dokumen yang diserahkan pun bisa diperiksa keasliannya dengan lebih mudah tanpa harus banyak membuang waktu.

Dalam kondisi darurat, aplikasi pemeriksa nomor kendaraan ini juga sangat bermanfaat. Salah satunya bila kendaraan mengalami kecelakaan maka pihak kepolisian bisa dengan mudah melakukan identifikasi terhadap pemilik kendaraan tersebut.

Demikian juga bila terjadi kecelakaan seperti tabrak lari, maka korban bisa melakukan pelacakan dengan memasukkan nomor plat kendaraan tersebut. Tentunya ini akan memudahkan penyelidikan pihak Kepolisian di kemudian hari.

Tak hanya itu, pemilik kendaraan juga memastikan kapan Ia harus membayar pajak kendaraan sehingga tidak perlu membayar pajak kendaraan. Tentunya ini akan menguntungkan pemilik kendaraan karena tidak perlu membayar denda.

Kekurangan Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Periksa Plat Nomor Secara Online

Meski banyak manfaat, tapi memeriksa kendaraan tanpa bertatap muka memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya akurasi data yang ada pada Samsat Online kadang tidak selengkap bila memeriksakan secara konvensioal.

Salah satunya adalah alamat pemilik kendaraan. Pada metode konvensional, pemohon bisa mendapatkan informasi lebih rinci bila dibandingkan dengan pemeriksaan online. Demikian juga nomor rangka dan nomor mesin yang merupakan hal rahasia di samsat online.

Untuk itu disarankan kepada pelanggan yang hendak membeli kendaraan bekas untuk melakukan pembelian di dealer terpercaya. Ini mengurangi risiko adanya pemalsuan dokumen kendaraan yang tentunya akan sangat merugikan di kemudian hari. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar