Ini Alasan Bunga Kredit Mobkas Bisa Jauh Lebih Tinggi dari Mobil Baru

Panduan Pembeli

Ini Alasan Bunga Kredit Mobkas Bisa Jauh Lebih Tinggi dari Mobil Baru

JAKARTA – Bunga kredit mobil bekas pasti selalu lebih tinggi daripada mobil baru. Sering kali, selisihnya antara keduanya amat jauh.

Salah satu contohnya bunga kredit di MUF Online Auto Show (MOAS), pameran otomotif virtual yang diadakan Mandiri Utama Finance pada 11 - 19 Juli mendatang. Untuk mobil baru, angkanya mulai dari 2,99 persen. Adapun untuk mobil bekas mulai dari 6,75 persen.

“Dalam menentukan (bunga) pasti ada namanya risiko. Itu saja. Jadi, kami memasukkan faktor risiko di dalam itu,” jelas Yanto Tjia, Marketing SEVP MUF dalam konferensi pers virtual MOAS pada akhir pekan lalu.

Situasi serupa tak hanya terjadi di MUF, tapi juga di perusahaan-perusahaan pembiayaan lain. Berdasarkan penelusuran di situs Kredit Gogo, rentang bunga kredit mobil baru di BCA Finance, misalnya, adalah 3 – 5,60 persen untuk tenor 1 – 5 tahun. Sementara, untuk mobil bekas kisarannya 4,08 – 8 persen untuk tenor sama.

Risiko yang disinggung Yanto, jika ditelaah, bisa datang dari sisi kendaraan maupun nasabah. Kondisi roda empat seken amat variatif. Itu semua dapat tergantung dari tahun produksi atau usianya, ketelatenan pemilik terdahulu melakukan perawatan, pernah/tidaknya kendaraan mengalami tabrakan atau terkena banjir, maupun selektivitas dealer dalam mengumpulkan stok untuk dijual.

"Dealer-dealer yang kami garap punya pengalaman luar biasa, di atas dua tahun, dengan stok bergaransi serta punya hubungan sangat-sangat baik (dengan kami)," sebut Yanto mengenai para penjaja mobil bekas rekanan MUF yang berpartisipasi dalam MOAS.

Mobil123.com sendiri pernah membahas mengenai tips mengetahui mobil yang pernah mengalami tabrakan atau tersapu banjir. Walau begitu, bakal lebih menenangkan jika Anda membawa teknisi tepercaya saat memilah dan memilih kendaraan seken sebelum memutuskan membelinya.

Dari sisi nasabah, daya beli para konsumen mereka juga lebih rendah, menurut pedagang mobil bekas yang diwawancarai Mobil123.com beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, hampir seluruhnya lebih memilih pembelian secara kredit.

Meski bunganya besar, mobil bekas tetap punya daya tarik maupun keunggulan tersendiri. Rentang harganya amat luas, dari yang teramat murah sampai sangat mahal, sehingga dapat menjadi alternatif murah – meriah.

Banderol rendah tersebut pun tidak selalu karena kualitas jelek. Bisa juga karena merek tersebut sudah tidak lagi eksis di Indonesia.

Sebut saja Ford Ecosport tahun produksi 2014. Usianya masih 6 tahun, akan tetapi harganya kini amat terjangkau yakni Rp 100 juta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar