Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrakan Bagi Pemula

Berita Otomotif

Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrakan Bagi Pemula

TANGERANG – Mencari mobil bekas yang sama sekali belum pernah terlibat tabrakan di kota besar nan padat seperti Jakarta tentu sulit. Namun, jangan sampai kita mendapat mobil seken yang punya histori tabrakan parah apalagi sampai terkena sasis.

Cara paling aman tentu saja membawa mekanik yang sudah kita tahu pasti berkompeten ketika mencari mobil bekas. Akan tetapi, bisa saja di tahap awal kita mencari tahu sendiri dengan cara supergampang, sebelum memutuskan berminat membeli dan membawa mekanik andalan untuk memeriksa lebih mendalam.

“Ini yang paling simpel dan gampang dipelajari. Misalnya untuk cari tahu apakah pintu, kap mesin, atau kap belakang sudah pernah diganti atau belum untuk memastikan mobil pernah tabrakan atau tidak,” ujar Abdul Rahim, Supervisor Toyota Trust Bintaro ketika diwawancarai Mobil123.com belum lama ini.

Hal tersebut, menurut Rahim, bisa dicaritahu dengan melihat sealant pada pintu-pintu mobil. Pasalnya, kondisi sealant pintu yang sudah pernah diganti dengan yang belum berbeda.

“Kalau sealant-nya itu ditekan pakai kuku kemudian masuk atau lembek, itu pasti sudah pernah diganti. Soalnya, kalau masih bawaan dari pabrik perakitannya enggak mungkin bisa ditekan masuk. Kalau pun misalnya kita memperbaikinya di bengkel resmi, sealant pasti akan tetap lembek. Tidak akan sama lagi dengan bawaan pabrik,” paparnya.

Suspensi dan Banjir
Di samping memberikan tips dan trik mengetahui mobil bekas tabrakan bagi pemula, Rahim juga mengungkapkan cara mudah mengetahui kondisi kaki-kaki mobil bekas. Pertama-tama, jajal mobil itu dan cari rute banyak lubang atau agak ‘berantakan’.

Jika sudah bertemu lubang, bawa mobil melindas lubang tersebut dengan kecepatan moderat. Pasang telinga untuk mendengar jika ada bunyi dari kaki-kaki.

“Karena ada suspensi mobil bekas yang sudah bunyi tapi tidak diperbaiki, hanya diperpanjang usianya saja misalnya selama dua bulan. Nanti setelah itu bunyi lagi,” buka Rahim.

Untuk mengecek apakah mobil seken incaran pernah terendam banjir atau tidak, masuk dan telusuri interior. Jangan tertipu oleh bau harum karena sekarang sudah banyak salon mobil yang bisa mendandani kabin kendaraan secara temporer.

Lihat apakah bagian bawah karpet serta kursi ada bekas lumpur atau karat. Buka juga kap mesin di lihat rongga-rongga bawah mesin.

“Bekas lumpur yang dibersihkan pun masih akan tetap ada karat dan sisa yang menempel,” tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar