Ini Akibatnya Jika Mini Klasik Selingkuh dengan Kawasaki Ninja ZX-10R

Panduan Pembeli

Ini Akibatnya Jika Mini Klasik Selingkuh dengan Kawasaki Ninja ZX-10R

OTTAWA - Sebuah Mini MK VI buatan tahun 1991 ini ditenagai oleh mesin Kawasaki Ninja ZX-10R. Hasilnya tentu menjadi sebuah mainan yang menyenangkan.

Adalah salah seorang penggemar Mini dari Kanada yang melakukan modifikasi ini. Meski urusan gonta-ganti mesin biasa dilakukan pada Mini klasik, namun kali ini cukup ekstrim dan menarik perhatian.

Ini tak lain karena yang dipilih adalah sebuah mesin Kawasaki Ninja ZX-10R,  salah satu jawara superbike. Dan menariknya lagi, mesin ini diletakkan persis dibelakang jok depan yang kemudian menggerakkan roda bagian belakang tentunya.

Modifikasi mini klasik dengan mesin ninja zx-10r
Tidak disebutkan secara rinci, mesin ini diambil dari ZX-10R tahun berapa. Namun dipredikasi sumber tenaga ini datang dari model yang dijual pada pertengahan tahun 2.000an.

Dengan demikian diperkirakan mesin ZX-10R ini memiliki kekuatan tenaga 150 hp. Dan dipadukan dengan transmisi manual close ratio 6-kecepatan. Kombinasi ini tentu menjadi sumber tenaga yang cukup besar untuk mobil seimut Mini.

Dalam video yang dibuat oleh akun Road Untraveled, reviewer tampak kegirangan saat mencoba memacu Mini bermesin ZX-10R ini. Posisi mesin putaran tinggi dengan suara khasnya dan keras dari sebuah motor superbike tentu dapat memacu adrenaline ke level selanjutnya. Namun demi menjaga kesehatan terutama telinga, sang reviewer sampai harus menutup telinganya.

Respon akselerasi dari mobil ini tampak begitu spontan, jarum rpm tampak begitu cepat mencapai batas angka 13 ribu putaran per menitnya. Kontrol kemudi juga tampak mantap, terlihat dari begitu girangnya sang reviewer, bak seorang anak kecil yang baru dibelikan mainan impiannya.

Selain mengganti mesin, sang pemilik Mini juga melakukan sentuhan modifikasi pada bagian eksterior serta interior. Mulai dari memperlebar lengkungan roda, bumper depan dan belakang yang unik, diffuser belakang hingga  sayap belakang. Sementara di dalam kabin yang imut-mut tampak rollbar, dasbor khusus dan tentu jok berkontur sport.

Penasaran melihat performanya secara keseluruhan?. Anda bisa simak pada video berikut ini.

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar