Hebat, Mekanik Tuna Netra Lakukan Engine Swap Mini dengan Superbike

Berita Otomotif

Hebat, Mekanik Tuna Netra Lakukan Engine Swap Mini dengan Superbike

LONDON - Seorang mekanik tuna netra berhasil melakukan modifikasi Mini klasik, mengganti mesin dengan milik sepedamotor (superbike) Yamaha R1.

Ini adalah sebuah bukti bahwa tidak ada yang mustahil di dunia. Bagi sebagian orang apa yang dilakukan Simon Fox terlihat mustahil, namun terbukti bisa dilakukan.

Simon sendiri adalah seorang mekanik penyandang tuna netra. Ia kehilangan penglihatannya sekitar 10 tahun lalu karena kecelakaan dan di tengah keterpurukannya bangkit berkat dorongan istri juga sahabat-sahabatnya untuk kembali berkarya.

Melalui Youtube channel BlindLeadingTheBlind kita bisa melihat aksi Simon yang cekatan menangani pekerjaan engine swap ini. Memang mengganti sumber tenaga Mini klasik dengan mesin motor superbike seperti R1 bukan hal baru. 

Banyak yang telah sukses mengerjakan. Contohnya Mobil123.com pernah memberitakan seorang penggemar Mini di Kanada yang mengganti mesin mobilnya dengan menggunakan mesin Kawasaki Ninja ZX-10R. 

Namun mengingat keterbatasan yang dimiliki Simon, tentu ini menjadi suatu hal lain dan luar biasa. Apalagi Simon sendiri sejatinya belum pernah sama sekali mengerjakan mesin Yamaha R1. Namun hebatnya, dengan pengalaman terbatas ia tampak sangat cekatan dan seolah telah mengenal unit mesin tersebut.

Secara umum mesin Yamaha R1 pas bersemayam di Mini klasik dengan kompartemen terbatas. Upgrade pada mesin terjadi hanya pada kopling yang kini menggunakan serta karbon. 

Yamaha R1 memiliki mesin 4 silinder berkapasitas 1.0-liter dengan keluaran tenaga 198 hp pada 13.500 rpm. Memadukan mesin ini dengan Mini klasik yang tergolong memiliki bodi ringan tentu akan membuat respon atau menghasilkan akselerasi cukup menggoda 

Satu-satunya ubahan besar adalah pada bagian gardan. Bagian ini sangat penting karena berkaitan dengan pengaliran tenaga mesin ke roda depan sebagai penggerak.

Terlepas dari kemampuan Simon, video ini mampu memberikan inspirasi kepada siapa saja yang menyaksikannya. Kekurangan sebesar apapun tampak tidak mampu memadamkan passion seseorang untuk mewujudkan keinginan atau impiannya.

Apalagi seperti Simon punya orang-orang terdekat yang selalu mendukungnya terutama dalam memupuk kepercayaan diri. Lebih lanjut simak video berikut ini.

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar