Hyundai Makin Hati-hati Kembangkan Mobil Otonom Usai Insiden Uber

Berita Otomotif

Hyundai Makin Hati-hati Kembangkan Mobil Otonom Usai Insiden Uber

SEOUL – Hyundai mengaku makin hati-hati dalam riset dan pengembangan mobil otonom mereka usai insiden mobil berteknologi sejenis milik Uber yang menewaskan seorang perempuan di Amerika Serikat (AS).

Hyundai tergolong pabrikan yang memilih tempo perlahan dalam mengembangkan mobil otonom. Direktur Hyundai Motor Company Yoon Sung-hoon mengatakan kebijakan ini diambil karena keselamatan menjadi aspek yang amat ingin mereka pastikan dan merasa bukan masalah jika dianggap relatif lambat dalam persoalan mobil otonom.

“Tidak ada yang mengetahui di situasi seperti apa kecelakaan akan terjadi,” ujar Yoon Sung-hoon, seperti diwartakan Reuters pada awal pekan ini.

Tingkat kesiapan mobil otonom untuk beroperasi di jalan-jalan umum kembali menjadi sorotan setelah armada taksi online Uber yang dimodali teknologi ini menabrak pejalan kaki hingga tewas, Minggu (18/3/2018) kemarin di Arizona, AS. Armada Uber yaitu Volvo XC90 yang melaju 65 km per jam dengan mode otomatis sedang aktif tak bisa mendeteksi Elaine Herzberg, 49, yang sedang menyeberang jalan.

Otoritas AS kini sedang melakukan investigasi. Uber mengaku turut berduka cita dan siap bersikap kooperatif membantu pihak berwenang dalam proses ini.

Tak hanya Hyundai, pasca kecelakanan ini, Toyota memutuskan untuk memberhentikan sementara pengujian mobil otonom di  jalan-jalan umum AS.

Lebih lanjut, Sung-hoon menjelaskan bahwa kecelakaan di ‘Negeri Paman Sam’ tersebut membuat Hyundai makin waspada mengenai rencana memproduksi massal mobil otonom.

“Ketika mengevaluasi mobil otonom milik perusahaan lain, kami menilai mereka memiliki standar keselamatan yang lebih rileks,” ujarnya.

Pabrikan asal Korea Selatan ini berencana baru menghadirkan mobil otonom level 4 di pasar pada 2021. Pada level tersebut, mobil otonom mampu beroperasi secara mandiri tanpa intervensi dari manusia sama sekali di kondisi-kondisi tertentu. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual