Hyundai Luncurkan Mobil Listrik Paling Imut

Berita Otomotif

Hyundai Luncurkan Mobil Listrik Paling Imut

BARCELONA - Hyundai meluncurkan mobil listrik terkecil atau minicar yang cukup canggih dan diperuntukan dalam mendukung pengobatan pasien di rumah sakit khusus anak-anak.

Model produksi Hyundai ini tergolong unik dengan detail yang cukup menarik. Dan memiliki banyak keuntungan seperti membuat hati anak-anak yang sedang dirawat di rumah sakit SJD Barcelona, Spanyol senang sekaligus membantu para dokter dan petugas medis.

Fitur paling menarik pada mobil mini ini adalah emotion adaptive vehicle control (EAVC), dapat mengolah data kondisi pengemudi berikut jalan yang dilewati. EAVC dapat memonitor ekspresi wajah, detak jantung juga pernafasan si anak dan menggabungkan dengan kecepatan, akselerasi, kebisingan serta getaran.

Hyundai Luncurkan Mobil Listrik Paling Imut
Informasi ini kemudian di oleh untuk mengontrol beberapa sistem di mobil. Meliputi pencahayaan, pengatur suhu, musik berikut wewangian di mobil mungil tersebut yang bertujuan untuk menghibur dan meningkatkan semangat si anak.

Data yang diolah EAVC juga dimanfaatkan untuk menampilkan emosi atau perasaan anak saat mengemudikan minicar. Hal ini bisa dilihat dari lampu belakang yang akan mengeluarkan warna hijau, kuning dan merah sesuai dari emosi si anak.  

Suasana hati anak tampak bisa langsung berubah cukup signifikan karena secara interaktif minicar ini bisa jadi teman bermain dan memberikan edukasi. Semuanya bisa diakses sang anak lewat layar monitor di belakang kemudi.

Hyundai Luncurkan Mobil Listrik Paling Imut
"Kami ingin teknologi dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan pelanggan kami di berbagai ruang mobilitas di luar jalan raya. Kami berharap teknologi EAVC pada minicar ini akan memberikan pengalaman mobilitas yang menyenangkan dan aman bagi pasien muda serta membantu meningkatkan kesehatan mereka," kata Jumo Lee, Senior Research Engineer Hyundai.

Minicar Hyundai ini sendiri punya dimensi panjang 1.380 mm, lebar 810 mm dan tinggi 820 mm serta wheelbase 810 mm. Ditenagai oleh dual 24V DC motor, power 400 watt dan bisa melaju 7 km/jam.

Pihak rumah sakit yang merawat anak-anak tentu menyambut gembira minicar canggih buatan Hyundai ini. Pekerjaan mereka jadi cukup terbantu karena memang tak mudah merawat pasien anak dengan segala keunikan prilakunya.

"Rumah sakit sangat senang memilki teknologi seperti ini yang didekasikan untuk anak-anak. Ini akan secara dramatis akan mengubah mindset sang anak saat menghadapi pengobatan," kata Joan Sanchez de Toledo, Kepala Departemen Kardiologi anak di RS SJD Barcelona.

Sayangnya, tidak disebutkan bagaimana pemasaran serta berapa harga jual dari minicar Hyundai ini. Belum ada keterangan apakah hanya akan terbatas untuk kebutuhan rumah sakit atau umum.

Jika nantinya dijual umum, pihak Hyundai tentu akan menyediakan fasilitas after sales servicenya. Mungkin saja perawatan minicar ini akan dilakukan di dealer resmi bersama model mobil-mobil Hyundai lainnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar