Dadah! Hyundai Ioniq Tak Lagi Diproduksi Mulai Juli 2022

Berita Otomotif

Dadah! Hyundai Ioniq Tak Lagi Diproduksi Mulai Juli 2022

SEOUL - Hyundai Ioniq versi perdana setop diproduksi mulai bulan depan.

Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan, menurut laporan Inside EVs baru-baru ini sedang bersiap menghentikan produksi sedan Ioniq. Rencananya, mulai Juli 2022, mobil listrik ini tidak lagi mereka buat.

Jaringan penjualan Hyundai di berbagai region kabarnya tidak lagi menerima pemesanan untuk Ioniq. Termasuk di Amerika Utara.

Ioniq sendiri menjalani debut global pada 2016 silam. Ini diklaim sebagai mobil pertama di dunia yang sejak awal dirancang untuk sistem penggerak berteknologi hybrid, plug-in hybrid (PHEV), maupun listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

Ketiga jenis Ioniq itu akan ‘disuntik mati’ berbarengan.

mobil listrik Hyundai Ioniq

Lebih lanjut, alasan pemberhentian produksi Ioniq adalah perubahan pada permintaan konsumen. Langkah ini disebut-sebut telah lama direncanakan oleh Hyundai.

Hyundai Motor Group, salah satu raksasa otomotif dunia asal Korea Selatan, kabarnya ingin fokus pada pengembangan mobil-mobil listrik murni berbasis E-GMP (Electric-Global Modular Platform). Sebut saja, misalnya, Hyundai Ioniq 5, Kia EV6, maupun Genesis GV60.

Di Indonesia, Ioniq termasuk ke dalam daftar mobil listrik pertama yang dijual oleh Hyundai. Peluncurannya terjadi pada 2020, bersamaan dengan peluncuran Kona EV.

Namun, agen pemegang merek dari jenama tersebut di sini yaitu PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum memberikan keterangan resmi apa pun terkait diberhentikannya produksi Ioniq di Korea Selatan.

mobil listrik Hyundai Ioniq

Ioniq menyandang baterai lithium-ion 38,3 kWh. Setruman disalurkan ke motor listrik yang menggerakkan kedua roda depan dengan daya maksimal 134 hp serta torsi puncak 295 Nm.

Jarak tempuh Ioniq, dalam kondisi baterai terisi penuh, diklaim 311 km. Fitur-fitur Ioniq antara lain tujuh airbag, Electric Parking Brake (EPB) with Autohold, 3 mode berkendara, Head Unit layar sentuh 8 inci, Parking Distance Warning (PDW), Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Hyundai sekarang telah merilis tiga model mobil listrik di Tanah. Selain Ioniq maupun Kona EV, ada lagi Ioniq 5 yang mengaspal sejak Maret 2022 kemarin, memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar