Hyundai akan Bantu Bikin Tempat Ngecas Mobil Listrik di Tol dan Mal

Berita Otomotif

Hyundai akan Bantu Bikin Tempat Ngecas Mobil Listrik di Tol dan Mal

JAKARTA – Hyundai bakal menggandeng berbagai pihak untuk membantu penyebarluasan infrastruktur pengecasan mobil listrik. Fokus mereka ada di dua lokasi.

Pilihan mobil listrik di Indonesia baru saja bertambah. Ada dua opsi baru dan kedua-duanya dibawa oleh Hyundai, yaitu Ioniq serta Kona EV.

Ioniq dan Kona EV menjadi mobil listrik murni termurah di Nusantara saat ini. Model yang disebut pertama berbanderol on-the-road Jakarta Rp 624,8 juta (tipe Prime) dan Rp 664,8 juta (tipe Signature), sedangkan model kedua bernilai jual Rp 674,8 juta.

Tentu saja, mobil listrik murni amat membutuhkan infrastruktur pengecasan. Mengenai hal ini, Makmur selaku Managing Director PT. Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengatakan pihaknya tak hanya bergantung dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dari pemerintah, tapi juga akan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membantu.

Hyundai tak mau ketinggalan mau membantu. Kami akan membangun beberapa charging station (stasiun pengecasan mobil listrik) dari Jakarta dan Surabaya. Kami bekerja sama dengan para partner Hyundai membangun di tol-tol dan pusat-pusat perbelanjaan Jakarta dan Surabaya,” papar dia dalam konferensi pers virtual usai peluncuran.


Pabrikan asal Korea Selatan ini bakal berkolaborasi dengan PT. Jasa Marga Related Business untuk menyediakan infrastruktur DC Fast Charging di Rest Area Km 519A (Sragen) yang berada di jalur tol Jakarta menuju Surabaya. Kelak, fasilitas sejenis ada pula di Rest Area KM 519B (Sragen) yang berada di jalur tol Surabaya menuju Jakarta.

Semua dealer resmi Hyundai, lanjut Makmur, pun sudah dibekali dengan tempat pengecasan mobil listrik. Mereka juga berpartner dengan mitra – mitra bisnis lain untuk nantinya menyediakan di area Alam Sutera (Tangerang), Bintaro (Tangerang Selatan), Sunter (Jakarta Utara), Radio Dalam (Jakarta Selatan), Tendean (Jakarta Selatan), Cilandak (Jakarta Selatan), Bandung (Jawa Barat), Cirebon (Jawa Barat), Solo (Jawa Tengah), Yogyakarta (D.I Yogyakarta), Surabaya (Jawa Timur), Denpasar (Bali), Palembang (Sumatera Selatan), dan Padang (Sumatera Barat).


SPKLU dari pemerintah, menurut Makmur, juga sudah tersedia di berbagai tempat di Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar. Untuk Jabodetabek, lokasi – lokasinya antara lain PLN Distribusi Jakarta Raya Gambir,  Senayan City Mall, Aeon Mall BSD City, TangCity Mall, Supermall Karawaci.

Lokasi di luar Jabodetabek misalnya saja PLN UP3 Bandung, PLN Gedung Sate Bandung, PLN ULP Denpasar, PLN ULP Embong Wungu Surabaya, PLN Rayon Mattoangin Makassar. Untuk memudahkan, Ioniq plus Kona EV juga disertai Portable Charger.

“Charger yang kami sediakan menggunakan steker yang umum di Indonesia sehingga pengisian daya semudah mengecas baterai smartphone,” jelas Makmur. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar