Honda Tepis Rumor Mobilio Disuntik Mati

Berita Otomotif

Honda Tepis Rumor Mobilio Disuntik Mati

JAKARTA  - Rumor mengenai Mobilio telah disuntik mati ditepis oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia. September lalu, HPM diketahui tidak memproduksi Honda Mobilio sebanyak seperti sebelumnya. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat Honda Mobilio hanya diproduksi satu unit saja pada bulan kesembilan di tahun ini. Sementara data penjualan retail Mobilio di bulan yang sama cuma sebesar 127 unit.

Tidak sedikit yang menduga bahwa, HPM mulai menghentikan produksi Mobilio untuk pasar Indonesia. 

Rupanya, buntut dari dihentikannya produksi mobil pesaing Toyota Avanza ini, karena perusahaan mengaku kekurangan chip semikonduktor.

"Bulan September Mobilio tidak diproduksi, tapi bulan ini (Oktober) sudah mulai diproduksi. Jadi tidak usah khawatir, karena pemasok semikonduktor sudah mencoba sekuat tenaga untuk bisa memenuhi kekurangan yang terjadi di bulan-bulan sebelumnya," ungkap Yusak Billy Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, belum lama ini. 

Penghentian sementara produksi Mobilio merupakan strategi yang mesti diambil oleh perusahaan, agar model lain yang permintaannya besar bisa lebih dahulu diproduksi. Maka dari itu, komponen semikonduktor yang sebelumnya diperuntukkan bagi Mobilio harus dialihkan ke model lain. 

"Karena Honda Brio kontribusinya sangat besar, jadi kami fokus pada produksi yang kontribusinya besar dahulu. Jadi mohon maaaf bulan September memang kami memberikan prioritas kepada Honda Brio untuk diproduksi," terang pria yang akrab disapa Billy itu. 

Saat ini produksi mobil Honda di dalam negeri memang masih terkedala pasokan chip semikonduktor, tapi sudah jauh lebih membaik pasokannya ketimbang dua bulan lalu.

"Pemasok semikonduktor kami juga sudah mulai merecovery dan memenuhi semua permintaan kami, walaupun belum 100 persen. Jadi kami terus memonitor perkembangannya," sambung dia. 

Honda Mobilio Terbaru

Mobilio pertama kali dirilis di Indonesia pada 2013, kemudian dua tahun setelahnya disusul oleh Honda BR-V. Lucunya, meski Mobilio muncul duluan, tapi yang mendapat ubahan secara total justru BR-V lebih dahulu. 

Padahal sejak Mobilio dipasarkan, belum sama sekali dirombak secara besar-besaran, hanya beberapa kali saja mendapat penyegaran kecil. 

Lantas, kapan Mobilio mendapatkan penyegaran besar-besaran? Billy mengatakan, terkait hal tersebut akan disampaikan pada waktu yang tepat. 

"Nanti kami akan informasikan bagaimana Mobilio ke depan, yang pasti sampai sekarang masih terus diproduksi," jawab dia.

Saat ini HPM memasarkan Honda Mobilio dalam lima pilihan varian dengan harga yang bervariasi. Untuk varian terendah atau Mobilio S M/T dibanderol Rp197,6 juta. Kemudian, di atasnya ada varian E M/T Rp217,2 juta, E CVT Rp227,4 juta, RS M/T Rp239,8 juta, dan RS CVT Rp250 juta.

Harga tersebut berstatus on the road Jakarta dan sudah terkena diskon PPnBM 100%. [Ses]




Berita Utama


Komentar