Honda Autonomous Work Vehicle, Kendaraan Otonom di Medan Berat

Berita Otomotif

Honda Autonomous Work Vehicle, Kendaraan Otonom di Medan Berat

CALIFORNIA - Honda akan membawa Autonomous Work Vehicle, sebuah prototype dari kendaraan otonom yang mampu menghadapi medan off-road.

Kedaraan kecil berpenggerak 4x4 ini didesain untuk dapat bekerjasama dengan manusia. Dengan ini maka pekerjaan yang terlalu berbahaya dan terlalu sulit dapat diselesaikan bersama dan memberi hasil maksimal.

Autonomous Work Vehicle dikembangkan oleh Honda R&D Americas dengan mengkombinasikan sasis all-terrain vehicle (ATV) dan teknologi kendaraan otonom. Honda mengatakan bahwa Autonomous Work Vehicle ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan bagi para pekerja.

Sebagai contoh, kendaraan ini dapat membantu manusia dalam beberapa industri seperti pemadam kebaran, SAR, konstruksi, agrikultur hingga pemindah salju. Dengan GPS dan dan teknologi untuk dapat mengikuti manusia serta bentuknya yang kompak maka Autonomous Work Vehicle hampir mampu untuk hadir di berbagai kondisi.

Honda mengatakan bahwa Autonomous Work Vehicle telah mendapat beberapa mode yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya seperti “Follow Me”, “Pattern” dan “A to B”. Pengguna tinggal mengaktivasi sesuai kebutuhannya.

Sejauh ini Honda dikabarkan telah menguju Autonomous Work Vehicle dalam tiga lingkungan kerja berbeda. Termasuk di pembangkit listrik tenaga matahari di Carolina Utara, pemadam kebakaran di Colorado dan peneliti agrukultural di California.

Ini sebenarnya bukanlah teknologi yang benar-benar baru untuk Honda. Sebelumnya Honda telah menampilkan kendaraan serupa di ajang CES 2018. Namun ketika itu, pengembangannya belum semasif kendaraan saat ini. Honda akan menampilkan Autonomous Work Vehicle pada ajang CES 2019. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar