UGM Temukan Serbuk Lithium-ion dari Limbah Baterai

Berita Otomotif

UGM Temukan Serbuk Lithium-ion dari Limbah Baterai

DEPOK -  Beragam inovasi dilakukan oleh Honda guna menciptakan iklim yang lebih baik pada dunia. Salah satunya adalah dengan penggunaan kendaraan listrik.

Namun kendala dalam pengembangan kendaraan listrik masih tinggi. Salah satu yang menjadi hambatan adalah kapasitas dan pengisian baterai kendaraan listrik. Orang masih banyak yang khawatir bagaimana bila di tengah jalan baterai habis.

“Untuk itu kami mengembangkan baterai portable yang ringkas dan inovatif. Kami percaya baterai ini dapat menyimpan energi terbarukan dan bisa digunakan dalam berbagai aplikasi mobilitas,” ungkap Fumihiko Ike, Chairman Honda Motor Co., Ltd.

Artikel bersambung dibawah

Sifat baterai portable ini menjadikan baterai mudah untuk diganti saat dayanya habis dengan baterai masih memiliki daya secara penuh. Dengan demikian pengguna kendaraan listrik akan terhindar dari stress karena daya beterai habis.

Honda pun mengklaim bahwa baterai tersebut tidak hanya dapat digunakan pada kendaraan namun juga berbagai tujuan lain. Salah satu fungsi lain daeri baterai tersebut adalah menjadi sumber listrik utama di daerah yang belum memiliki listrik atau ketika terjadi pemadaman listrik.

Tak hanya Honda, Indonesia melalui beberapa perguruan tinggi pun terus melakukan penelitian terkait energi terbarukan. Salah satunya adalah Universitas Gadjah Mada yang melakukan penelitian terkait beterai litium

“Indonesia tidak bisa membuat sendiri baterai Lithium Ion, karena bahan dasarnya tidak dimiliki oleh bangsa ini. Tapi kalau mau impor, maka kita akan tergantung pada negara lain. Selain itu, baterai lithium ion itu menciptakan masalah baru yaitu limbah baterai,” ungkap Panut Mulyono, Dekan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Manurutnya, bila masalah limbah tersebut tidak diatasi maka limbah baterai akan menumpuk. Untuk itulah pihaknya melakukan penelitian untuk mendaur ulang baterai lithium ion agar dapat digunakan kembali.

Ia menyebutkan bahwa saat ini UGM telah berhasil menciptakan serbuk lithium ion dari limbah baterai dan dapat digunakan pada kendaraan bermotor. Namun, penemuan tersebut masih harus dilakukan penelitian kembali agar lebih sempurna.  [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support