Honda Patenkan 2 Teknologi Baru

Berita Otomotif

Honda Patenkan 2 Teknologi Baru

TOKYO – Honda tengah mengajukan paten untuk teknologi terbarunya yaitu pengembangan dari head-up displays (HUDs) dan teknologi dengan kemampuan menampilkan kendaraan serta manusia yang mungkin bisa menjadi halangan.

Pertama adalah deteksi untuk pejalan kaki. Banyak kendaraan yang memiliki beragam versi untuk mendeteksi pejalan kaki dan mengingatkan pengemudi untuk menghindari kecelakaan atau melakukan pengereman otomatis. Sistem dari Honda akan membawa teknologi ini lebih ke depan.

Tidak hanya dapat mendeteksi pejalan kaki yang ada di depan mobil, namun juga mendeteksi beberapa pejalan kaki dan menampilkan lokasi mereka pada HUD. Teknologi ini juga dapat mendeteksi pejalan kaki di luar jarak pandang pengemudi. Dengan sistem ini maka pengemudi akan mendapat informasi yang memungkinkan mereka untuk dapat menghindari situasi darurat.

Artikel bersambung dibawah

Paten kedua adalah menambahkan komunikasi antar kendaraan agar tetap dapat melacak posisi kendaraan di jalanan. Honda menjelaskan bahwa sistem ini akan bekerja dengan 3 mobil pada 1 barisan. Mobil dikoneksikan dengan V2V system, mobil paling depan akan berkomunikasi dengan mobil di tengah untuk menghitung jarak di antara mereka.

Setelah itu, mobil tengah akan menyampaikan informasi tersebut ke mobil terakhir dengan menampilkan ikon mobil terdepan terkait posisi dan statusnya di HUD. Dengan ini maka pengemudi paling belakang dapat melihat posisi mobil paling depan melalui mobil tengah. Sistem ini juga akan mempertahankan jarak ketika mobil terdepan melakukan pengereman dengan memberi peringatan dan menambah waktu reaksi untuk pengereman atau berhenti.

Ini bukanlah pertama kalinya Honda mengembangkan teknologi untuk pejalan kaki. Beberapa tahun lalu, Honda juga mengembangkan sistem yang mampu membuat kendaraan berkomunikasi dengan smartphone pejalan kaki untuk melihat posisi mereka, meski ketika sensor tidak bisa melakukannya. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual