Honda Rilis PCX 160, Tenaga Lebih Besar

Berita Otomotif

Honda Rilis PCX 160, Tenaga Lebih Besar

TOKYO – Honda akhirnya merilis tampilan terbaru PCX yang kini lebih segar dan memiliki berbagai inovasi pada mesinnya.

Motor ini hadir untuk pasar Jepang, meskipun produksinya dilakukan di Vietnam. Dan bukan tidak mungkin motor ini akan juga dipasarkan di Indonesia, mengingat pasar skutik bongsor cukup besar dan menggiurkan tentunya.

Honda PCX 160 mengusung mesin berkode 2BK-KF47 dengan kapasitas 156 cc. Mesin ini mengggunakan teknologi 4-valve OHC satu silinder water cooled eSP. Ruang mesinnya sendiri menyuguhkan diameter x langkah 60.0 x 55.5 mm, dengan kompresi mencapai 12.0.

Sumber daya kendaraan tersebut dipercaya mampu menyemburkan tenaga maksimal 16 hp pada 8.500 rpm. Sementara torsi puncaknya sebesar 15 Nm pada 6.500 rpm. Motor ini juga dipercaya irit bahan bakar dengan menggunakan metode beragam dicapai 45.2 km/l.

Jantung mekanis yang mengandalkan perangkat elektronik PGM-FI ini diakui cukup piawai dalam memberikan konsumsi bahan bakar nan efisien. Adapun kapasitas tangki bahan bakarnya cukup besar yakni 8.1 liter.
Honda PCX 160
Teknologi 4 katup pada mesin PCX 160 dianggap paling memberikan pengaruh terhadap naiknya besaran tenaga mesin. Dipadukan dengan pembesaran saluran intake, sehingga menghasilkan pencampuran udara dan bakar kian sempurna.

Honda juga melakukan sentuhan pada desain rangka yang diklaim saat ini lebih rigid untuk memberikan keseimbangan sempurna. Beberapa ornamen karet disematkan guna bisa meminimalisir getaran yang terjadi pada motor.

Pabrikan motor berlambang Sayap Mengepak ini juga menambahkan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Inovasi ini mampu membaca kondisi kendaraan melalui sensor di kedua rodanya dan terkoneksi pada ECU. Sehingga ketika motor mengalami gejala selip atau kehilangan traksi, otomatis ECU memerintahkan untuk mengurangi torsi.
honda PCX 160
Fitur yang dipersembahkan untuk motor ini melliputi USB soket dengan kotak yang besar sehingga bisa menampung smartphone di bagian depan motor. Selain itu, PCX 160 juga memiliki kapasitas bagasi yang luas yakni 24 Liter. Selain itu adapula fitur Honda Smart Key System yang menyulitkan para pencuri.

Honda PCX 160 dipasarkan di Jepang dengan harga Rp 55.1 juta. Motor ini sendiri mulai dipasarkan di Jepang pada 28 Januari 2021. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar