Honda Peragakan Fitur Keselamatan Lewat Perangkat VR di GIIAS 2018

Berita Otomotif

Honda Peragakan Fitur Keselamatan Lewat Perangkat VR di GIIAS 2018

TANGERANG – Honda memanfaatkan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 untuk memperkenalkan fitur-fitur keamanan terkini yang terdapat dalam teknologi ‘Honda Sensing’. Berbagai fitur canggih tersebut dipraktikkan lewat perangkat virtual reality (VR).

GIIAS 2018 berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Di sana, Honda melakukan peluncuran global dari All-New Honda Brio plus perkenalan mobil konsep Honda NeuV.

Di samping itu, ada pula perangkat VR di Zona Safety di booth mereka. Sorotan utama pada zona ini adalah simulator Honda Sensing yang mengandalkan teknologi VR. Dengan menaiki simulator berdesain futuristik ini, para pengunjung bakal menjadi pengendara mobil Honda di beberapa kondisi serta situasi jalan selama lima menit.

Mereka kemudian akan mengalami beberapa skenario penyebab insiden di jalan. Di momen itulah, fitur-fitur Honda Sensing bekerja untuk menghindarkan pengguna kendaraan dari kecelakaan.

Honda Sensing merupakan salah satu teknologi keselamatan berteknologi canggih dari Honda, terdiri dari 6 sistem yang bekerja untuk meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara. Kehadiran simulator VR ini merupakan bagian dari kampanye keselamatan berkendara Honda yang mereka namanya #AmanDiJalan.

“Tahun ini, kami menggagas kampanye #AmanDiJalan dengan melakukan beragam aktivitas untuk mengedukasi konsumen. Kami berupaya memberikan pelatihan berkendara secara langsung, serta memperkenalkan teknologi keselamatan Honda Sensing melalui simulasi VR. Kampanye ini adalah bentuk komitmen kami dalam mewujudkan lingkungan berkendara yang aman di Indonesia,” tandas Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor di sela-sela GIIAS 2018.

Empat Fitur
Setidaknya, ada empat fitur Honda Sensing yang bisa dirasakan manfaatnya lewat simulator VR. Keempatnya adalah Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC).

CMBS bekerja dengan memperingatkan pengendara secara bertahap ketika mobil mendeteksi adanya potensi benturan dengan kendaraan lain didepannya. Peringatan tersebut berbentuk audio-visual pada layar dashboardseatbelt yang mengencang secara otomatis serta mengaktifkan rem.

RDM berfungsi saat kamera mendeteksi mobil keluar dari marka jalan tanpa menyalakan lampu sein. Apabila mobil tetap keluar dari jalurnya setelah mendapat peringatan audio-visual, sistem RDM akan mengatur arah setir dan melakukan pengereman secara otomatis agar mobil kembali ke jalur semula. LKAS juga berfungsi membantu setir bergerak secara otomatis agar mobil tetap di jalurnya

Adapun ACC mendeteksi jarak mobil dengan kendaraan di depannya melalui Milimeter Wave Radar. Mobil lalu bakal mengatur kecepatan secara otomatis tanpa harus menginjak pedal gas untuk mempertahankan jarak aman. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual