Marquez Absen Hingga MotoGP Misano 2020, Honda Pasrah Kehilangan Gelar

Berita Otomotif

Marquez Absen Hingga MotoGP Misano 2020, Honda Pasrah Kehilangan Gelar

BRNO – Honda Racing Corporation (HRC) dan Repsol Honda sepakat untuk mengistirahatkan Marc Marquez tiga balapan ke depan dan siap untuk kehilangan gelar juara MotoGP.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, Marquez mengalami cedera patah tulang tangan kanan (humerus). Insiden ini terjadi pada seri pertama di MotoGP Jerez 2020. Marquez sempat mencoba untuk kembali balapan di MotoGP Andalucia 2020, namun tidak berhasil karena masih merasakan sakit yang luar biasa.

Marquez sempat turun ke lintasan pada sesi latihan bebas 3, 4 hingga kualifikasi. Namun hasilnya sangat jauh dari harapan karena catatan waktu yang ditorehkan Marquez tertinggal 1 detik. Pada latihan bebas keempat, Marquez hanya menempati posisi 16.

Upaya heroik Marquez untuk comeback secara kilat, nampaknya berbuah nestapa. Cedera yang dialami sang juara bertahan tambah parah. Pengguna nomor start 93 tersebut harus naik meja operasi lagi pada Senin waktu setempat.

Marquez sudah dipastikan absen pada MotoGP Brno 2020 yang digelar akhir pekan ini. Jika Quartararo kembali memenangkan balapan di Republik Ceko, maka Marquez harus mengejar ketertinggalan 75 poin.
Honda Pasrah Hilang Gelar

Selisih poin yang cukup besar ditambah jumlah balapan yang tidak sebanyak musim normal, membuat HRC pasrah jika harus kehilangan gelar juara dunia musim ini. Tim Honda membuat keputusan bahwa Marquez bisa kembali balapan pada MotoGP Misano yang diselenggarakan pada 13 dan 20 September 2020.

Hanya keajaiban yang bisa membuat Marquez pulih dalam waktu dekat. Sekalipun Marquez memaksakan diri, Ia bisa kembali tampil di MotoGP Austria 2020 yang digelar pada pertengahan Agustus. Dengan catatan kondisinya tidak seratus persen dan masih belum bisa menyodok ke barisan terdepan pada balapan berlangsung.

“Berita ini (Marquez absen tiga seri) menyebar dengan cepat di Spanyol. Keputusan Honda untuk tidak lagi mengejar gelar musim ini tidaklah mengejutkan. Sekalipun tampil di Spielberg pada 16 dan 23 Agustus, Ia tidak akan bisa tampil seratus persen,” tulis Speedweek.com [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar