Honda Odyssey Disuntik Mati, Pasar Indonesia Tinggal Habiskan Stok

Berita Otomotif

Honda Odyssey Disuntik Mati, Pasar Indonesia Tinggal Habiskan Stok

JAKARTA – Honda Odyssey tak akan lagi dijual di pasar Indonesia, terkait dengan penyetopan produksinya di Jepang.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengonfirmasi rencana ‘suntik mati’ Odyssey di Jepang mengakibatkan penjualannya di Indonesia juga akan berakhir.

Sekadar informasi, Odyssey yang dipasarkan di Tanah Air merupakan impor utuh (Completely Built Up/CBU) dari ‘Negeri Sakura’. Model generasi kelimanya terakhir kali disegarkan pada Februari 2021 dan harga on the road (OTR) Jakartanya per Desember menurut situs resmi Honda ialah Rp898.999.998.

Lebih lanjut, Billy menjelaskan kalau pihaknya kini sedang menghabiskan stok Odyssey tersisa. Jumlahnya tak banyak, tinggal puluhan unit.

“Posisi minggu lalu, Odyssey masih sisa sekitar 62 unit. Di dalamnya ada 35 unit yang akan di-wholesales-kan ke jaringan distributor kami pada bulan ini,” ucap dia kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Senin (20/12/2021).

Honda Odyssey 2021

Honda, lanjut Billy, akan melayani konsumen yang ingin membeli Odyssey, sampai stoknya habis. Setelah itu, mereka akan fokus pada pelayanan purnajual dari multi purpose vehicle (MPV) untuk kalangan kelas menengah ke atas tersebut.

“Pelayanan aftersales (purnajual) kami jamin 15 tahun ke depan. Tidak perlu khawatir,” tegasnya.

Odyssey merupakan salah satu dari dua MPV yang Honda jual di Indonesia. Satu model lainnya, Mobilio, menyasar para pembeli mobil pertama melalui segmen low MPV (LMPV).

Fungsionalitas serta kenyamanan di model ini dimaksimalkan misalnya lewat Premium Cradle Seat + Ottoman pertama di dunia, Second Row Slide diklaim terpanjang di kelasnya, Second Row Ambient Lamp, Power Sunroof, Side Sunshade, Rear Auto AC with Smart Touch, 3-Steps Reclining Magical Storage.

Fitur-fitur lainnya adalah Advanced Touchscreen Display berukuran 8 Inci dengan konektivitas smartphone, Auto Dimming Rear View Window, Panel Upper Box, Driver Side Retractable Cup Holder, All Auto Up/Down Power Window.

Honda Odyssey 2021

Sajian tercanggih adalah teknologi bantuan pengemudian aktif Honda Sensing. Pada Odyssey, teknologi ini terdiri dari Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control.

Urusan dapur pacu, Oddysey terkini mengusung mesin bensin 2.4-liter i-VTEC plus transmisi CVT. Daya maksimalnya 171 hp di putaran mesin 6.200 rpm, sedangkan torsi puncaknya 225 Nm di 4.000 rpm. [Xan/Dms]

Cek juga daftar lengkap harga mobil Honda terbaru di sini.



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar