Honda Mobilio Sama Sekali Tidak Diproduksi Bulan Lalu, Ada Apa?

Berita Otomotif

Honda Mobilio Sama Sekali Tidak Diproduksi Bulan Lalu, Ada Apa?

JAKARTA – Honda Mobilio terpantau setop diproduksi di Indonesia. Namun, hal itu disebut cuma kebijakan sementara akibat krisis cip semikonduktor global.

Mobilio, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sama sekali tidak diproduksi pada September 2021 oleh pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Pada Agustus pun, hanya sebagian tipe Mobilio yang dirakit.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy ketika diminta keterangan mengatakan bahwa, bulan lalu mereka memilih untuk mengalihkan sumber daya produksi Mobilio ke model lain.

Mereka terpaksa melakukan itu gara-gara isu kurangnya suplai cip semikondutor kepada industri otomotif maupun gadget dunia.

Honda Mobilio

“Karena shortage (ketidakcukupan) cip semikonduktor, kami memprioritaskan produksi untuk model yang permintaannya tinggi di tengah terbatasnya komponen yang ada. Brio mempunyai permintaan yang sangat tinggi dan kami pun memprioritaskan produksi model tersebut terlebih dahulu,” papar Billy kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Kamis (14/10/2021).

Meski begitu, lanjut dia, pengurangan produksi Mobilio secara ekstrem hingga menjadi 0 unit hanya dilakukan pada September

“Rencananya, Mobilio bulan ini sudah ada produksi kembali,” pungkas Billy.

Penjualan Mobil Honda Hingga September 2021

Secara total, penjualan retail (dari diler ke konsumen—Red) Honda sepanjang Januari sampai September 2021 menurut data yang mereka berikan mencapai 68.376 unit.

Meski Indonesia masih diganggu pandemi Covid-19, volume penjualan Honda sudah naik 23 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Sejak permulaan 2021, Brio rutin menjadi penyumbang penjualan terbesar Honda di pasar otomotif Indonesia.

Honda Brio 2021

Sementara, penjualan mobil nasional dari sisi retail sepanjang sembilan bulan 2021 sendiri, menurut data Gaikindo, mencapai 600.344 unit. Peningkatan volume yang terjadi terbilang signifikan yaitu 47,4 persen yoy.

Honda berada di peringkat keempat merek mobil terlaris di Tanah Air. Di atasnya ada Toyota, Daihatsu, dan Mitsubishi.

Tahun ini, Gaikindo memperkirakan penjualan mobil nasional di angka minimal 750 ribu unit. Adapun tahun lalu penjualan mobil di Indonesia turun dari 1 jutaan menjadi hanya 500 ribuan unit akibat pandemi Covid-19. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar