Harga Mobil Mustang Bekas Bikin Merinding, Jelas Bukan buat Kaum Mendang-Mending

Mobil Bekas

Harga Mobil Mustang Bekas Bikin Merinding, Jelas Bukan buat Kaum Mendang-Mending

Pasar mobil bekas tidak selalu diisi model-model berharga murah. Ada pula yang banderolnya bisa bikin kaum mendang-mending geleng-geleng kepala, seperti Ford Mustang.

Memang, kebanyakan stok di pasar mobil bekas diisi oleh model-model yang sangat umum dijumpai di jalanan. Hal ini tak mengherankan karena stok di pasar mobil bekas juga sangat dipengaruhi oleh kondisi di pasar mobil baru yang dipenuhi oleh model-model berharga Rp100-300 jutaan.

Meski begitu, di antara tumpukan mobil-mobil bekas murah, terselip pula model-model ‘eksotis’, dengan harga yang ‘ngeri-ngeri sedap’. Mustang merupakan salah satu di antaranya.

Mobil MustangMustang sendiri merupakan salah satu muscle car legendaris, dengan sejarah yang amat panjang. Sekadar informasi, muscle car adalah sebutan bagi sedan beperforma tinggi yang mempunyai bentuk bodi ‘berotot’ gubahan merek-merek asal Amerika Serikat.

Menilik harganya, mobil Mustang bekas jelas hanya bisa dibeli oleh orang-orang berkantong tebal. Kaum mendang-mending pastinya lebih memilih model lain yang lebih value for money.

Bagaimana tidak, harga mobil Mustang bekas mencapai miliaran rupiah. Uang muka (down payment/DP) beserta angsurannya pun pastinya juga terbilang mahal.

Berikut pembahasan mengenai mobil Mustang bekas, berdasarkan penelusuran di situs jual-beli terkemuka Mobil123.com.

Rentang Harga Mobil Mustang Bekas, Termurahnya pun Tetap Sangat Mahal

Ketika artikel ini dibuat pada Selasa (28/11/2023), terdapat 46 iklan mobil Mustang bekas di Mobil123.com. Unit tertua berasal dari tahun produksi 2011, sedangkan yang termuda adalah rakitan 2023.

Meski begitu, tua-mudanya usia tidak berbanding lurus dengan harga jual mobil Mustang bekas.

Mobil Mustang

Harga mobil Mustang bekas termurah di Mobil123.com saat ini bukan dari unit tahun produksi 2011, melainkan 2016. Tipenya adalah fastback 2.3-liter ecoboost, dengan transmisi otomatis (AT) warna bodi merah, jarak pemakaian sekitar 8 ribu km, dan atas nama perorangan.

Unit yang dijual oleh diler GR CAutocars Mangga Dua, Jakarta ini berbanderol Rp1,25 miliar, khusus untuk pembelian secara kredit. Harga untuk pembelian secara tunai berbeda, tapi tidak diungkap oleh penjual.

Diler menyediakan beberapa paket kredit untuk mobil Mustang bekas tersebut. Ada paket bertenor empat tahun, dengan DP 100 juta serta angsuran Rp36.321.000 per bulan.

Terdapat pula paket bertenor lima tahun, dengan DP Rp100 juta plus cicilan bulanan yang mencapai Rp31.912.000.

Pajak kendaraan bermotor dari mobil Mustang bekas termurah itu masih ‘hidup’ sampai Februari 2024. Unit memiliki pelat berkode ‘B xxxx SER’ (Jakarta Selatan).

“Interior dan eksterior istimewa, terawat. Record resmi. Kunci serep lengkap. Surat-surat lengkap. Mesin kering. Ban serep belum turun. Kaki-kaki tak ada bunyi. Kondisi siap pakai,” jelas penjual dalam kolom keterangan.

Menurut diler, unit tidak pernah terkena banjir atau tabrakan. Diler memberikan garansi uang kembali 100 persen, apabila unit ternyata pernah mengalami kecelakaan.

“Boleh cek unit ke bengkel resmi,” tegas penjual.

Mobil Mustang

Mobil Mustang bekas termahal di Mobil123.com untuk sementara ini, di sisi lain, berharga Rp2,5 miliar. Unit berwarna bodi abu-abu ini konon baru dipakai sejauh 4.000 unit oleh sang pemilik lama.

Tipenya ialah 5.0-liter Mach One tahun produksi 2021, dengan transmisi AT 10 percepatan. Gelontoran daya dari mesin berkapasitas besar itu bisa menyentuh 460 hp.

Sayang, pajak kendaraan sudah ‘mati’ sejak September 2023 kemarin. Diler Valentino Motor di Pasar Minggu, Jakarta tidak menjelaskan berapa paket DP maupun cicilan bulanannya.

Kondisi unit juga tidak dijelaskan. Si penjual hanya menerangkan kalau unit memiliki fitur Electric Seat, Digital Speedometer, Rear Camera, Mach One Panel Badge, Sport Exhaust, Selectable Driving Mode, Recaro Sport Seats, hingga pelek Black Edition berukuran 19 inci.

Membeli Mobil Mewah seperti Mustang Bekas Sama dengan Investasi?

Mobil Mustang

Lantas, apakah membeli mobil Mustang bekas yang berharga sangat mahal merupakan investasi? Jawabannya, berdasarkan riset Mobil123.com dari berbagai situs, adalah ‘tergantung’.

Membeli mobil, bahkan yang seken sekali pun, bisa terhitung investasi kalau unitnya diproduksi sedikit untuk seluruh dunia dan peminatnya banyak. Bisa juga, antara produksi dan permintaan mobil itu secara global amat jomplang.

Mereknya tidak melulu harus mobil mewah. Ambil contoh Suzuki Jimny yang harga bekasnya di Indonesia atau pun di negara-negara lain bisa melampaui harga mobil barunya. Toyota GR Yaris dapat menjadi contoh nyata lainnya dari kasus tersebut.

Mobil juga dapat menjadi sebuah investasi kalau hanya masuk ke pasar otomotif Tanah Air dalam jumlah sedikit dan—lagi-lagi—memiliki peminat yang banyak. Misalnya saja BMW Seri 3 wagon.

Kenaikan harganya bisa sangat subyektif. Penilaiannya terbilang emosional sehingga kadang apresiasi banderolnya cukup tinggi, meskipun unitnya adalah ‘tangan kedua’ alias seken.

Lalu, bagaimana dengan Mustang? Untungnya, Ford juga kerap kali merilis Mustang edisi spesial atau edisi terbatas, sejak mobil ini menjalani debut globalnya pada 1964 silam.

Salah satu model edisi spesial tersebut pernah diangkat di film Hollywood ‘Gone in 60 Seconds’ yang dibintangi oleh Nicolas Cage yakni Mustang Shelby GT500 ‘Eleanor’ rakitan 1967.

Karakter utama di film ini, Randall Raines, diceritakan sebagai seorang mantan pencuri mobil ulung yang dipaksa untuk kembali ‘turun gunung’. Mustang Shelby GT500 ‘Eleanor’ 1967 seolah menjadi ‘kutukan’ baginya karena menjadi satu-satunya mobil yang tidak pernah berhasil ia colong.

Model edisi khusus lainnya yang belum lama diperkenalkan ialah Mustang GTD 2025. Mobil ini ‘dipersenjatai’ oleh dapur pacu bermesin 5.2-liter V8 yang menghasilkan tenaga puncak sebanyak lebih dari 800 hp.

Produksi Mustang GTD rencananya dimulai pada akhir 2024 atau awal 2025. Ford hanya akan membuatnya dalam jumlah luar biasa terbatas yaitu sekitar 50-an unit saja.

Kesimpulan

Mobil Mustang

Mobil Mustang bekas tentunya bukan untuk pembeli mobil pemula, kalau melirik harganya yang bisa disamakan dengan mobil baru dari segmen premium lainnya. Bahkan, dengan rentang banderol yang sama, Anda sudah dapat membeli model-model Lexus, BMW, atau pun Mercedes-Benz anyar.

Oleh karena itulah, mobil Mustang bekas bukan untuk kaum mendang-mending. Di samping itu, ‘si kuda poni’ juga bisa menjadi sebuah investasi berharga—asal mendapatkan model yang tepat.

Soalnya, mobil Mustang bukan hanya kendaraan, tetapi ikon budaya Amerika Serikat yang terus memukau para petrol head (sebutan bagi orang-orang penggila otomotif—Red). Desainnya yang sangat ikonik, performa luar biasa, serta teknologi-teknologi mutakhir pada zamannya membuat mobil Mustang layak menjadi koleksi para orang kaya di Tanah Air.

Dengan terus berkembang dan meningkat, mobil Mustang tetap menjadi salah satu pilihan ‘eksotis’ bagi para pecinta otomotif atau pun kolektor mobil. Dengan memilih mobil Mustang, Anda tidak hanya mendapatkan kendaraan, tetapi juga potongan sejarah dari kemajuan industri otomotif di ‘Negeri Paman Sam’.

Dalam dunia otomotif yang terus berubah, mobil Mustang tetap menjadi simbol kebebasan, kecepatan, dan gaya. [Xan/YS]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang