Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga MG VS HEV Lebih Murah, Bisa Lebih Baik Dari Toyota Yaris Cross Hybrid?

Mobil Listrik

Harga MG VS HEV Lebih Murah, Bisa Lebih Baik Dari Toyota Yaris Cross Hybrid?

MG Motor Indonesia baru saja meluncurkan crossover hybrid dalam sosok MG VS HEV. Mobil tersebut konon jadi crossover hybrid termurah karena harganya di bawah Rp400 juta.

MG VS HEV disebut tidak hanya menjadi simbol visi MG untuk masa depan yang lebih hijau, tetapi juga menghadirkan solusi mobilitas berkelanjutan yang lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, MG VS HEV dijual dengan harga Rp389 juta.

Kehadirannya menjadi sebuah alternatif mobil hybrid yang terjangkau karena sebelumnya baru ada Yaris Cross yang merupakan mobil hybrid termurah, dengan harga mulai Rp440,6 juta. Melihat fakta tersebut, apakah MG VS HEV bisa memberi hal lebih dari aspek performa maupun fitur yang dimiliki?

Untuk itu kami akan membandingkan kedua model tersebut, mana crossover hybrid dengan value for money yang lebih baik. Simak ulasannya berikut ini. 

MG VS HEV, Crossover Hybrid Under Rp400 Juta Punya Apa Saja?

MG VS HEV, sebagai SUV hybrid sport pertama dari MG di Indonesia, dirancang sebagai mobil yang menjanjikan keseimbangan sempurna antara performa tinggi dan efisiensi energi.

MG VS HEV didukung kombinasi mesin dan motor listrik, dimana mesinnya 4-silinder berkapasitas 1.498 cc DOHC dengan total output sebesar 177 hp dengan torsi 200 Nm. Transmisinya memakai jenis e-CVT atau Electrical Continuously Variable Transmission. Transmisi E-CVT menjamin pergantian gear yang halus, ekonomis, cepat, dan senyap.

Lebih lanjut, crossover hybrid dari MG ini juga dibekali tiga mode berkendara yaitu Eco, Comfort, dan Sport berikut teknologi KERS (Kinetic Energy Recovery system) tiga tahap. Melalui KERS ini, daya baterai bisa kembali terisi saat mobil melakukan pengereman.

Fitur Canggih dan Prestisius

MG jadi salah satu brand pendatang baru yang cukup royal soal fitur di produk mereka. Penampilan luar dihiasi aksen Electrified Matrix Grille Design dan rangkaian lampu LED otomatis di sisi fascia. Sementara di bagian atapnya terpasang  I-MAX Electric Panoramic Sunroof.

Selanjutnya masuk ke dalam kabin, terpampang Dual Widescreen Cockpit dan Illuminated Touch Panel yang memberikan informasi akurat secara real-time dalam desain interior two-tone yang harmonis. Terdapat fitur wireless charging yang memudahkan pengisian daya ponsel tanpa perlu colok kabel ke port USB.

Fitur kenyamanan di MG VS HEV:

  • Electric Front Seat
  • Front Armrest
  • Rear AC Vent
  • Cruise Control 
  • 12V Power Outlet
  • 6 Speakers
  • Head unit with Bluetooth, Wireless Apple Carplay & Android Auto

MG juga fokus pada aspek keselamatan dan teknologi yang komprehensif. MG VS HEV dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan canggih, termasuk 6 SRS Airbags, teknologi pengereman canggih seperti ABS dan EBD, dan sistem Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang membantu menjaga tekanan ban dalam kondisi optimal.

Berikut ini fitur keselamatan dan kemananan yang tersedia di MG VS HEV:

  • i-Smart
  • Remote Vehicle Diagnosis 
  • Smart Command
  • Smart Connect
  • Auto-Vehicle Hold
  • Electronic Brake Assist
  • Stability Control System 
  • Curve Brake Control
  • Traction Control System 
  • Hill start Assist System 
  • Hill Descent Control 
  • Emergency Stop Signal 
  • Active Speed Limit
  • 360 HR Around View Monitor
  • Rear Parking Sensor
  • Immobilizer 

Berdasarkan lembar spesifikasi, tidak tercantum teknologi ADAS apapun di MG VS HEV ini. Fitur keselamatan yang tersedia sifatnya masih standar mobil kelas menengah.

Lantas, bagaimana dengan Toyota Yaris Cross Hybrid, apakah fiturnya jauh lebih canggih karena harganya lebih mahal?

Toyota Yaris Cross Hybrid, Crossover yang Fiturnya Canggih dan Lengkap

All-New Yaris Cross merupakan salah satu pionir Medium SUV 5-seater Toyota untuk pasar Asia yang terus berkembang. Toyota Yaris Cross merupakan hasil pengembangan dari Daihatsu Motor Corporation dan mobil ini diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Adapun varian hybrid di Toyota Yaris Cross tersedia dalam tipe Yaris Cross S CVT TSS. Kelengkapan fiturnya menyerupai tipe S TSS namun dengan inovasi mesin bensin hybrid dipadukan motor elektrik dan baterai Lithium. 

Penggunaan teknologi pada Yaris Cross Hybrid ini menghasilkan kesenyapan saat berkendara dan ramah lingkungan. Adanya EV Mode juga memberikan pengalaman yang unik dan karakter berkendara sebuah kendaraan listrik murni yang senyap, responsif, dan zero emission.

Eksterior Toyota Yaris Cross yang Sporty 

 

All-New Yaris Cross membawa konsep “Solid & Dynamic” dengan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern. Dari sisi eksterior, Yaris Cross mendapatkan LED Headlamp with DRL, LED Foglamp, dan LED Rear Combination Lamp yang tampak canggih dan modern di depan dan belakang. 

Eksteriornya sudah dilengkapi dengan Auto Headlamp + Follow Me Home, Roof Rail, Electric & Auto Retract Side Mirror ditambah Welcoming Lamp, dan Power Backdoor with Kick Sensor pertama di kelasnya untuk kemudahan buka-tutup bagasi. Untuk rodanya disematkan 18-inch machining alloy wheel.

Interior yang Stylish Tapi Tetap Nyaman

Dalam platform TNGA yang digunakan untuk mengembangkan Yaris Cross ini berfokus agar roomy dan sporty.

Pada sisi interior, layout ruang kemudi Yaris Cross bergaya driver-oriented. Pada panel instrumen terdapat layar TFT 7 inch digital yang dapat dikostumisasi. Dashboard crossover ini memakai aksen black piano finish serta bahan lembut dan ornamen berlapis satin. 

Pada jahitan jok, diberikan sulaman benang warna biru yang sporty dengan jok berbahan fabric dan kulit sintetis. Hadirnya Power Back Door with Kick Sensor juga akan semakin mempermudah akses pengemudi terhadap barang bawaan. Untuk fitur panoramic roof dan electric seat adjuster juga telah tersedia di varian hybrid. 

Bicara fitur multimedia, terdapat 10.1 Inch HUD Display with Wireless Smartphone Connectivity sebagai yang terbesar di kelasnya, ECO/Sport Drive Mode, dan Auto AC. Mobil ini juga dilengkapi dilengkapi dengan Push Start System, Immobilizer, dan Smart Entry System, bersama dengan power outlet 12 Volt serta koneksi charger Type B dan Type C untuk penumpang depan dan belakang.

Fitur Keselamatan Jauh Lebih Canggih 

Bicara fitur keselamatan, All-New Yaris Cross telah mendapatkan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara. 

Teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch ikut melengkapi fitur All-New Yaris Cross agar tak kalah saing dengan rivalnya. TSS di Yaris Cross mencakup Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Alert (LTA), dan Automatic High Beam (AHB). 

Performa Mesin Tidak Istimewa

Yaris Cross bermesin bensin konvensional 1.5 liter ini setia dengan mesin 2NR yang digunakan mulai dari Avanza, Sienta, Vios, dan banyak lagi. Mesin 2NR-VE 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW (106 PS) dan torsi 138 Nm. 

Khusus tipe S hanya terdapat pilihan transmisi otomatis CVT dengan performa maupun respons memadai dan diklaim Toyota hemat bahan bakar.

Kesimpulan 

Dengan harga yang lebih mahal serta kekuatan nama besar Toyota, apakah Yaris Cross 1.5 S CVT unggul soal fitur yang jauh lebih lengkap dan canggih dibandingkan MG VS HEV. 

Sebaliknya, performa mesin dari Yaris Cross Hybrid tidak istimewa. Besaran tenaga tertinggal jauh dibandingkan figur tenaga dari MG VS HEV.
(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang