Toyota Raize Disebut Meluncur pada April 2021, Bareng Daihatsu Rocky?

Berita Otomotif

Toyota Raize Disebut Meluncur pada April 2021, Bareng Daihatsu Rocky?

JAKARTA – Toyota Raize dikatakan tak lama lagi meluncur di Indonesia. Model ini diproduksi di pabrik yang sama dengan Daihatsu Rocky.

Tenaga penjual dealer Toyota sekitar Jakarta yang dihubungi Mobil123.com mengatakan sport utility vehicle (SUV) kompak tersebut, menurut rencana yang ia dengar, akan mengaspal dalam waktu dekat. Perkiraannya adalah April 2021.

“Peluncurannya April nanti,” ucap dia kepada Mobil123.com via sambungan telepon pada Kamis (18/3/2021) siang.

Ia mengamini informasi yang sudah bocor sebelumnya bahwa Raize akan tersedia dalam tipe mesin bensin 1.0-liter turbo maupun 1.2-liter bensin. Adapun pemosisian harganya nanti di bawah Rush.

Toyota Raize

Tipe terendah akan berbanderol plus – minus Rp 150 juta. Sementara itu, tipe tertingginya ada di kisaran Rp 200 juta.

Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM), ketika dimintai konfirmasi, menyatakan tidak bisa merespons informasi terkait kendaraan yang belum meluncur.

Sebelumnya, dalam pemberitaan ‘5 Info Seputar Toyota Raize – Daihatsu Rocky yang Bocor Sebelum Peluncuran’, dilaporkan antara lain bahwa Raize dan Rocky sudah mendapat relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah pada Maret – Desember 2021 sehingga harganya bisa lebih murah. Padahal, penjualannya saja belum terjadi.

Keduanya juga sama – sama diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Amelia Tjandra selaku Marketing and Corporate Planning Director ADM sudah mengonfirmasi hal ini.

Daihatsu Rocky

Amelia bahkan juga membeberkan Rocky akan meluncur tahun ini dengan komponen lokal 70 persen, yang menjadi syarat dari insentif PPnBM dari pemerintah. Karena itulah Daihatsu mendaftarkannya terlebih dahulu untuk mendapat relaksasi PPnBM.

Jika melihat rekam-jejak selama ini, model – model hasil kolaborasi Toyota – Daihatsu di Indonesia selalu meluncur berbarengan. Ini terjadi pada Avanza - Xenia, Rush – Terios, Agya – Ayla, dan terakhir Calya – Sigra.

Kalau tradisi ini masih berlanjut, kemungkinan Raize – Rocky pun kelak meluncur pada bulan, bahkan hari yang sama.

SUV kini semakin menjadi tren di Indonesia, khususnya SUV murah tujuh penumpang di kelas low SUV. Akan tetapi, Yusak Billy selaku Business Development, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan bahwa belakangan preferensi terhadap SUV murah berdimensi lebih kecil juga membesar di pasar otomotif Tanah Air. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar