Review Spesifikasi dan Harga Kia Sonet 2021, Bukan Cuma Tambah Bangku Saja

Panduan Pembeli

Review Spesifikasi dan Harga Kia Sonet 2021, Bukan Cuma Tambah Bangku Saja

PT Kreta Indo Artha (KIA) baru saja meluncurkan Sonet 7 penumpang untuk melengkapi jajaran varian compact SUV mereka dengan daftar harga terbaru pada April 2021 ini.

Kia Sonet pertama kalinya hadir di Indonesia dalam konfigurasi 5-penumpang. Mobil yang memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.615 mm cukup menarik untuk dilirik. Kendaraan ini menawarkan ruang kabin yang cukup lapang karena jarak sumbu rodanya mencapai 2.500 mm.

Compact SUV asal Korea Selatan tersebut cocok untuk keluarga muda yang dinamis dan hobi bertualang. Bermodalkan bodi yang menawan dan fitur yang cukup lengkap, Sonet tidak hanya menyenangkan dikendarai namun memanjakan para pengemudi maupun penumpang.

Sebelum kita bahas soal harga Kia Sonet 7 penumpang, simak dulu detail spesifikasinya berikut ini.

Eksterior

Kendaraan yang pertama kali masuk Tanah Air pada 11 November 2020 ini hadir dengan wujud yang tidak biasa. Permainan garis lekuk tajam membuatnya lebih sedap dipandang dan sangat kental aura sportinya.

Meskipun merek Kia berasal dari Korea Selatan, namun mobil ini dirancang dan dikembangkan di negara bollywood alias India. PT Kia sendiri memasarkan Sonet dengan status CBU (Completely Bulit Up) dari India.

Secara garis besar, rancang bangun kendaraan ini masih kental dengan guratan-guratan desain dari Peter Schyreyer. Meskipun saat ini Chief Design Kia telah dijabat oleh Karim Habib, seorang desainer asal Lebanon dan merupakan mantan desainer BMW.

Layaknya produk-produk Kia terdahulu, bentuk grille Tiger Nose masih melekat erat. Grille besarnya tersebut menempel pada lampu utama yang melebar ke samping. Pada bagian bawah bemper terlihat aksen plastik yang dirancang menyerupai mud guard.

Berkat beberapa sentuhan sudut-sudut tajam pada bodi kendaraan, kesan atletis pada kendaraan ini sangat kental terasa. Terlebih pada bagian fender hingga belakang diberikan list plastik berkelir hitam yang menambah kesan sporti.
harga kia sonet indonesia

Dipadankan dengan velg 16 inci dengan bentuk garis-garis melengkung yang runit, membuatnya tampak gagah dan kekar. Permainan garis-garis dan tekukan tajam pada bodi kendaraan ini cukup unik, karena beberapa pabrikan justru terkesan tidak lebih kalem dalam meracik bodi.

Pada bagian belakangnya, Kia Sonet terlihat seperti mobil yang datang dari masa depan. Artinya bentuk kendaraan tampak futuristik dengan garis lampu melintang selebar kendaraan.

Pada bagian bawah bempernya disematkan aksen silver yang menyerupai difuser. Lalu kaca belakang yang agak melandai, terselip wiper mungil yang membantu pengemudi melihat ke belakang saat hujan terutama.

Keistimewaan Kia Sonet yang dilahirkan sebagai SUV adalah jarak terendah bodi dari tanah yang cukup tinggi mencapai 205 mm. Hal ini membuat para pemiliknya lebih leluasa memilih medan jalan yang bervariasi.

Bermanuver di jalanan perkotaan sekalipun, mobil ini tetap lincah karena dimensinya yang kompak. Sedikit berbeda dari versi di India yang tidak mencapai 4 meter, kendaraan ini dimensinya setara Yaris maupun Kia Rio. Sehingga tetap nyaman menikmati perjalanan di jalanan perkotaan.

Interior

Kia Sonet menggunakan bahasa desain interior yang mirip dengan Seltos. Aura sporti dari dalam kabin sangat kental berkat pemilihan warna hitam seluruhnya.

Karena mobil ini dipasarkan bukan masuk ke kelas premium, maka dari itu masih ada beberapa bagian kabin yang keras saat dipegang. Namun pada kenyataannya hal ini tidak terlalu berpengaruh.

Disebut mirip Seltos karena pada bagian dasbornya terlihat monitor lebar yang menggabungkan panel instrumen dan head unit untuk hiburan. Perpaduan aksen digital dan analog membuat kolaborasi nan ciamik.

Kisi AC (Air Conditioned) pada kendaraan ini bergaya vertikal dengan bentuk semi kotak. Terdapat aksen yang menyerupai karbon pada list kisi-kisi AC tersebut.

Sementara pengaturan AC pada kendaraan ini sendiri, sudah menggunakan versi digital sehingga penumpang belakang lebih terasa nyamannya, pengoperasiannya sendiri juga lebih mudah.

Posisi berkendara dapat diatur sedemikian rupa meskipun tetap tinggi layaknya sebuah SUV. Visibilitas pengemudi dan penumpang depan dibuat leluasa dengan menempatkan garis bahu yang cukup rendah.

Bergerak ke belakang, mobil ini tidak menawarkan ruang yang cukup lapang. Setidaknya jika pengemudi dan penumpang depan memiliki postur tubuh yang tinggi, maka ruang belakang akan semakin terintimidasi.

Mobil ini hanya mengandalkan headroom yang tinggi karena berbasis SUV. Pada baris kedua, akan lebih leluasa dimuat oleh anak-anak hingga remaja dengan postur tidak terlalu tinggi.

Berbekal ruang untuk pengemudi hingga penumpang belakang yang pas-pasan, ruang kargo kendaraan ini bisa dibilang lega. Terdapat kapasitas sebanyak 392 liter pada ruang bagasi, apalagi jika jok belakang dalam posisi rebah.

Sayangnya jok belakang tidak bisa dilipat terpisah sehingga kurang praktis bagi konsumen yang kerap membawa banyak barang. Pada bagian ini juga terdapat tempat penyimpanan ban serep full-size dan peralatan daruratnya.

Fitur

Kia Sonet merupakan unit mobil yang cukup terjangkau namun bertabur fitur terkini. Wajar karena sebagai pendatang baru, kendaraan ini sudah mengamati kebutuhan-kebutuhan konsumen akan sebuah unit yang lengkap.

Beberapa fitur yang melekat pada unit satu ini tidak bisa didapatkan di segmen sekelasnya. Salah satunya adalah sistem wireless charger untuk smartphone.

Fitur ini banyak ditemui pada mobil-mobil premium berharga mahal. Namun basisnya pada Sonet menggunakan Qi System sehingga tidak berfungsi untuk semua smartphone.

Tempat pengisian ulang baterai ponsel tersebut juga dilengkapi dengan ventilasi AC, sehingga bisa mencegah terjadinya overheating. Sistem ini memudahkan proses pengisian tanpa kabel yang melintang sehingga merusak estetika.

Selain itu, adapula sistem audio bermerek Bose yang mampu mengeluarkan suara ciamik dari keempat speaker utama. Output yang dihasilkan sebenarnya sudah cukup mumpuni, kecuali Anda adalah seorang penikmat alunan suara yang merdu dan modifikator.

Bagi seorang perfeksionis, tentunya suguhan audio ini tetap akan mendapat sentuhan lagi agar lebih maksimal. Pilihan menu pemutar musik juga cukup beragam karena mobil ini dibekali dengan berbagai sistem konektivitas seperti Android Auto, Wireless Apple Car, Bluetooth, dan masih banyak lagi.

Layaknya sebuah kendaraan mewah, Kia Sonet dilengkapi dengan Mood Light pada bagian bawah pintu. Pilihan warnanya bisa diganti-ganti sesuai selera dan seperti namanya diharapkan bisa merubah suasana perasaan.
harga dan spesifikasi Kia Sonet

Pemilik Kia Sonet dapat menyalakan mesin dari luar kendaraan melalui remote controlnya. Kemudahan ini berguna untuk mengatur suhu dalam kabin agar saat masuk sudah cukup terkendali kondisinya.

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah semburan udara dingin dari AC yang keluar dari bagian samping jok depan. Fitur ini dinamakan ventilated seat dan lagi-lagi tidak satupun kompetitor sekelasnya yang menawarkan fitur serupa.

Lebih jauh, fiturnya tidak hanya mendinginkan jok, namun bisa memanaskan jok sehingga lebih nyaman dalam berkendara. Meskipun sebenarnya pemanas jok agar kurang pas terlebih Indonesia beriklim tropis yang kerap menyuguhkan cuaca panas terik.

Tidak ketinggalan, fitur-fitur yang ditawarkan antara lain sunroof, TPMS hingga cruise control. Sistem keselamatannya terdiri dari 6 airbag, ABS+EBD, Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Assist Control (HAC).

Mesin

Untuk pasar Indonesia, Kia Sonet ditawarkan dengan mesin Smartstream Gamma II 4-silinder 1.5-liter. Antung mekanis ini dilengkapi dengan teknologi Dual CVVT dan Dual Fuel Injector sehingga performanya tidak malu-maluin.

Output kendaraan ini diklaim mencapai 115 ps pada 6.300 rpm dan torsi puncaknya 144 Nm pada 4.500 rpm. Output mesin Sonet cukup besar diantara para pesaingnya.

Mobil ini menggunakan transmisi iVT yang diklaim berbeda dari kebanyakan CVT pada umumnya. Sonet memiliki 8-percepatan virtual sehingga menghasilkan perpindahan gigi singkat dan padat.

Sonet dipersenjatai tiga mode berkendara yakni Eco Normal dan Sport. Hal ini memberikan kemudahan para pengendara dalam menikmati perjalanan.

Kia Sonet 7 penumpang

Belum lama ini, PT KIA melakukan peluncuran Sonet 7 penumpang. Tidak ada perbedaan pada bagian eksterior hingga mesin kendaraan.

Perbedaan hanya tampak pada bagian interior dengan menampilkan kemampuan mengangkut 7 orang di dalamnya. Sayang penambahan kursi tidak dibarengi dengan panjang kendaraan.
harga Kia Sonet

Guna menyiasati ruang kabin yang terbatas, Kia Sonet 7 penumpang menempatkan ban serep di bagian bawah bagasi. Tidak hanya itu, terdapat AC double blower untuk memberikan kesejukan hingga baris paling belakang.

Dengan adanya blower AC, maka fitur sunroof ditiadakan. Sehingga sedikit mengurangi kenikmatan berkendara. 

Harga Kia Sonet 2021

Kia Sonet 5 penumpang ditawarkan dalam enam pilihan trim seperti di bawah ini

Kia Sonet Standart MT                 Rp 193.000.000
Kia Sonet Active MT                      Rp 204.500.000
Kia Sonet Smart MT                      Rp 238.500.000
Kia Sonet Smart iVT                      Rp 251.500.000
Kia Sonet Dynamic iVT                 Rp 265.000.000
Kia Sonet Premiere iVT                Rp 289.000.000

Harga Kia Sonet 7 2021

Sementara itu harga Kia Sonet 7 penumpang ditawarkan dalam lima pilihan varian

Kia Sonet Standart MT                 Rp 199.500.000
Kia Sonet Smart MT                      Rp 245.500.000
Kia Sonet Smart iVT                      Rp 258.500.000
Kia Sonet Dynamic iVT                 Rp 272.000.000
Kia Sonet Premiere iVT                Rp 296.000.000

[Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar