Harga Daihatsu Ayla Bekas Gen 1 Mulai Rp70 Juta, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Mobil Bekas

Harga Daihatsu Ayla Bekas Gen 1 Mulai Rp70 Juta, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Daihatsu Ayla bekas untuk generasi pertama kini harganya makin bersahabat. Dengan budget mulai Rp70 juta, kamu bisa membeli Ayla bekas untuk tipe 1.0 D MT. Bila mencari varian yang fiturnya lengkap, tentu harganya bakal lebih mahal.

Daihatsu Ayla generasi pertama telah dijual sejak 2013. Ukurannya yang mungil, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan, tentu cukup menarik untuk dijadikan kendaraan harian, bagi keluarga baru dengan jumlah anggota keluarga sebanyak tiga sampai empat orang. 

Daihatsu Ayla masuk kategori mobil LCGC yaitu Low Cost Green Car. Adapun syarat dari mobil LCGC yaitu produksinya harus di Indonesia dan memiliki kandungan lokal 80 persen, sehingga mendapat insentif. Dengan demikian, harganya dapat ditekan.

Ayla bersama Agya menjadi mobil LCGC yang penjualannya laris manis, baik untuk pemakaian pribadi atau digunakan sebagai taksi online. Walau dimensinya kecil, namun kabin Ayla cukup lega baik untuk penumpang dan penyimpanan barang. 

Harga Daihatsu Ayla Bekas

Sebelum lebih jauh membahas kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ayla generasi pertama, berikut ini daftar harga bekasnya mengutip dari marketplace Mobil123.

  • Daihatsu Ayla 2013 Rp75 juta sampai dengan Rp96 juta
  • Daihatsu Ayla 2014 Rp76 juta sampai dengan Rp98 juta
  • Daihatsu Ayla 2015 Rp80 juta sampai dengan Rp105 juta
  • Daihatsu Ayla 2016 Rp79 juta sampai dengan Rp115 juta
  • Daihatsu Ayla 2017 Rp80 juta sampai dengan Rp121 juta
  • Daihatsu Ayla 2018 Rp70 juta sampai dengan Rp128 juta
  • Daihatsu Ayla 2019 Rp80 juta sampai dengan Rp137 juta
  • Daihatsu Ayla 2020 Rp85 juta sampai dengan Rp142,5 juta
  • Daihatsu Ayla 2021 Rp102,5 juta sampai dengan Rp154 juta
  • Daihatsu Ayla 2022 Rp99 juta sampai dengan Rp165 juta

Kelebihan Daihatsu Ayla Bekas

DImensi Daihatsu Ayla, Mungil di Luar Lega di Dalam

4

Daihatsu Ayla generasi pertama memiliki dimensi yang proporsional dengan panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm. Meskipun dari luar tampak mungil, namun interiornya cukup lega. 

Bagi penumpang di kursi baris kedua rasanya mirip seperti naik sedan kompak. Bagasinya menyatu dengan kabin, dan termasuk lumayan besar untuk ukuran city car. Dimensi bagasinya masih lebih luas dibandingkan mobil yang sejenis pada saat itu, seperti Mitsubishi Mirage, Honda Brio dan Nissan March. 

Dengan ukurannya yang minimalis, Daihatsu Ayla bekas cocok bagi kamu yang sekarang masih pemotor yang ingin beralih ke mobil. Dimensinya yang kompak membuat Ayla cocok berkendara di padatnya lalu lintas perkotaan.

Punya Varian Mesin dan Transmisi yang Beragam

Gambar 5 detail tentang Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+, Selisih  Harga Sampai Rp12 Jutaan - Foto AutoFunAwalnya, Daihatsu Ayla cuma tersedia dalam varian mesin 1.0. Namun pada facelift 2017, Daihatsu menyiapkan dua varian mesin untuk Ayla, yakni 1,0 liter dan 1,2 liter. Tak cuma itu, Ayla generasi pertama tersedia dalam varian manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Untuk kalian yang mobilitasnya hanya sebatas dalam kota, maka varian 1,0 liter sudah cukup. Ayla 1,0 liter dibekali mesin 1NR berkubikasi 998 cc DOHC, 3 silinder dan 12 katup. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 65 Hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 85 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Selanjutnya untuk Ayla 1.2, mesin 3NR-VE 1.200 cc menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 107,8 Nm pada 4.200 rpm.

Opsi yang kini banyak dicari oleh masyarakat perkotaan ialah transmisi otomatis yang bikin mengemudi bebas pegal. Daihatsu Ayla untuk varian transmisi automatic hanya tersedia khusus pada tipe R, X dan M. Sementara itu, untuk tipe D dan D+ belum tersedia. 

Sebagai catatan, transmisi matic konvensional yang disematkan pada Ayla mempunyai beragam keunggulan, seperti; mudah dan murah dari segi perawatan, serta lebih tangguh.

Fitur yang Proporsional

19Walau statusnya mobil murah, fitur hiburan dan kelengkapan yang tersedia di Daihatsu Ayla cukup proporsional. Daihatsu membekali Ayla tipe varian X dengan head unit indash yang terintegrasi dengan radio, MP3/CD/WMA, AUX Port, dan USB. Pada tipe R, menggunakan head unit 2DIN layar sentuh dengan tombol audio pada gagang kemudinya. 

Kemudian pada sisi eksterior, Daihatsu Ayla facelift tampil lebih stylish, dan sudah mengusung projector headlamp lengkap dengan LED daytime running light (DRL). Handling pada Ayla facelift 2017 juga makin stabil berkat perangkat stabilizer. Daihatsu memasangnya pada roda belakang dan depan, yang berguna untuk memberikan kestabilan saat mobil dikendarai bahkan dalam kecepatan tinggi.

Daihatsu juga melengkapi dengan fitur Immobilizer sebagai sarana keamanan. Fitur keselamatannya sudah memakai dual airbag. 

Kelemahan Daihatsu Ayla Gen 1

2Ada dua hal yang cukup sering dikeluhkan oleh pengguna Daihatsu Ayla gen 1 yaitu rpm naik turun dan mesin ngelitik.

RPM hunting atau naik turun biasanya terjadi karena bagian TPS error karena banyak kotoran karbon. Solusinya bisa dengan membersihkan TPS tersebut. Namun bila putaran mesin masih naik turun, maka mau nggak mau part TPS yang bermasalah tersebut perlu diganti.

Kelemahan berikutnya yaitu mesin muncul gejala ngelitik, yang disebabkan karena terlalu sering menggunakan bahan bakar beroktan rendah.

Menurut rekomendasi pabrikan, Daihatsu Ayla harus memakai bensin dengan RON 92 seperti Pertamax atau Shell Super. Hanya saja demi biaya perjalanan yang lebih murah, banyak pengguna Ayla mengisi bensin RON 90 atau Pertalite. 

Untuk masalah ngelitik ini, disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan RON 92 sesuai rekomendasi pabrikan.

Fitur yang Begitu Minim Pada Tipe Terbawah

6Daihatsu Ayla memiliki rentang varian yang cukup luas, demi mengakomodir berbagai kebutuhan konsumen. Fitur yang paling lengkap hanya ada di varian tertinggi, sedangkan tipe terbawah fiturnya seadanya.  Daihatsu tidak membekali Ayla D dengan fitur seperti airbag dan immobilizer.

Soal kelengkapan fitur, Ayla gen 1 belum memiliki tilt steering baik di tipe tertinggi sekalipun. Ini sedikit merepotkan bagi pengemudi berpostur pendek karena tidak bisa mengatur posisi setir.

Ketidaknyamanan lainnya yaitu mobil ini tidak memiliki handle pintu bagasi. Kita bakal repot membuka pintu bagasi belakangnya, karena cuma bisa menggunakan anak kunci atau melalui tuas kecil di dekat kursi pengemudi.

Built Quality Pas-Pasan

15Banyak bagian harus dikorbankan agar harga Daihatsu Ayla cukup terjangkau, termasuk kualitas material yang terkesan murah. Kabinnya terlalu banyak aksen plastik keras termasuk panel doortrim. Mobil ini tidak ada aksen bahan soft touch atau fabric sekalipun.

Ini diperparah dengan kondisi kabin kurang kedap. Kita bakal terganggu dengan kebisingan yang berasal dari roda hingga suara gemuruh tetasan air di atap saat turun hujan deras.

Perlu Penggantian Banyak Komponen Setelah Usia Lima Tahun

Hal yang menjadi catatan kalian saat ingin membeli Daihatsu Ayla bekas ialah perlu mengganti beberapa sparepart karena usia pakai. Dengan kondisi jarak tempuh cukup tinggi, bagian kaki-kaki sudah waktunya untuk melakukan penggantian, seperti tie rod end, long tie rod, shock absorber, dan engine mounting.

(YS)

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang