Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Grup Astra Cuan Rp4,3 Triliun dari Bisnis Otomotif pada Semester Satu 2022!

Berita Otomotif

Grup Astra Cuan Rp4,3 Triliun dari Bisnis Otomotif pada Semester Satu 2022!

JAKARTA – Keuntungan PT. Astra International (Grup Astra) dari bisnis otomotif naik nyaris 30 persen pada semester pertama 2022.

Grup Astra, melalui keterangan resmi belum lama ini, mengumumkan laba bersih Rp4,3 triliun untuk periode Januari-Juni 2022. Peningkatannya, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy), mencapai 29 persen.

“Pada semester pertama 2022, Grup Astra mencatatkan kinerja yang baik pada hampir semua divisi bisnis, didukung membaiknya kondisi ekonomi dan meningkatnya harga komoditas secara signifikan,” ujar Presiden Direktur Grup Astra Djony Bunarto Tjondro.

Lebih lanjut, penjualan mobil merek-merek yang berada di bawah raksasa bisnis Indonesia tersebut mencapai total 259 ribu unit, naik 23 persen yoy. Sementara itu, transaksi jual-beli mobil nasional ‘hanya’ tumbuh 21 persen, menjadi 475 ribu unit secara wholesales.

Alhasil, pangsa pasar Grup Astra di pasar mobil penumpang sekaligus niaga membesar, dari 53 persen menjadi 54 persen.

Sepanjang enam bulan pertama 2022, merek-merek yang ditangani Grup berkode ASII di bursa saham tersebut menerjunkan 18 model baru plus 10 model revamped.

Di pasar sepeda motor, penjualan sepeda motor Honda yang dibawahi Grup Astra drop 13 persen yoy, menjadi 1,6 juta unit. Ini terjadi gara-gara isu pada produksi yang diakibatkan oleh krisis cip semikonduktor global.

Isu tersebut lebih berdampak pada bisnis motor Honda dibandingkan dengan para kompetitor.

Penjualan motor di Tanah Air secara akumulatif turun 8 persen yoy, menjadi 2,2 juta unit. Dengan demikian, pangsa pasar Grup Astra di sektor itu merosot dari 77 persen menjadi 73 persen.

Pada paruh pertama 2022, Honda telah merilis 1 model motor baru serta tujuh model revamped.

Beralih ke bisnis komponen otomotif, Grup Astra melalui PT. Astra Otoparts membukukan laba bersih Rp432 miliar. Terjadi peningkatan eksponensial sebesar 62 persen yoy.

Performa positif korporasi yang juga melantai di bursa saham dengan kode AUTO ini disebabkan oleh peningkatan pendapatan dari segmen pabrikan (original equipment manufacturer) dan pasar suku cadang pengganti (replacement market). [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang