Gosip, Toyota Supra akan Menggunakan Mesin BMW M3

Mobil Baru

Gosip, Toyota Supra akan Menggunakan Mesin BMW M3

TOKYO - Gosip beredar, kabarnya Toyota Supra akan dilengkapi dengan mesin BMW M3 pada 2023 dan hanya ada pada versi limited edition.

Sejatinya, gosip yang muncul ini adalah hal wajar. Karena Toyota dan BMW memang melakukan kerjasama untuk menciptakan generasi terbaru dari Supra dan juga Z4.

Yang menarik perhatian adalah penggunaan mesin BMW M3,  tentu dengan keunggulan tenaga besarnya. Supra dengan mesin M3 tentu bakal bertransformasi menjadi lebih buas, tenaganya hampir 2 kali lipat. 

Kembali ke awal, asal muasal dari gosip ini berasal dari seorang sumber dari Majalah Best Car Jepang yang diteruskan oleh Motor1. Disebutkan bahwa tonjolan pada kap mesin Supra adalah pertanda bahwa akan ada upgrade besar-besaran pada mesin. 


Kemungkinan Supra di masa depan akan dilengkapi mesin hybrid dan tonjolan tersebut terkait dengan motor listrik. Namun yang paling dekat disebutkan bahwa akan ada 200 unit Supra edisi khusus dengan mesin M3 S58 twin-turbo 3.0-liter dan akan dijual 2023.  

Gosip selanjutnya makin menarik karena sang sumber menyebut informasi yang didapatnya berasal dari Tetsuya Tada tak lain adalah Chief Engineer Toyota Supra. Dan dikabarkan Divisi M BMW sempat menolak, namun Tada berhasil melobi dan membujuknya hingga tercapat kata sepakat.

Tada kabarnya juga menyebut bahwa pada 2023 mesin S58 twin-turbo 3.0-liter akan menjadi mesin lama. Dan saat itu tentu Divisi M BMW sudah memiliki mesin yang lebih mutakhir.

Sampai berita ini dibuat, belum ada konfirmasi resmi baik dari Toyota maupun BMW. Namun jika flash back ke tahun lalu, pihak BMW melalui M Division pernah menjawab pertanyaan yang sama dengan gosip ini ketika diwawacara oleh Autocar.

Markus Flash, boss BMW M Division mengatakan bahwa (menggunakan mesin M3 pada Supra) merupakan Ide menarik tapi tidak mungkin untuk saat ini. Timnya mungkin tidak akan setuju untuk berbagi sebelum memiliki kesempatan mengunakannya hingga mengeksplorasi kemampuan mesin ciptaan mereka.

"Mengapa kita harus menjualnya sebelum memiliki kesempatan untuk menggunakannya sendiri di semua model yang kita rencanakan?. Namun saya tidak akan pernah mengatakan tidak mungkin," kata Markus saat itu yang sedikit mengungkap bahwa Supra punya peluang menggunakan mesin M3.

Untuk diketahui, Divisi M BMW baru sekali menjual mesin ke pihak lain. Dan itu hanya terjadi saat memenuhi permintaan tim balap McLaren F1 dengan mesin S70 V12.

Tenaga Toyota Supra jadi 503 HP
Jika Supra benar-benar dilengkapi mesin S58 twin-turbo 3.0-liter tenaganya akan melonjak dari versi reguler 335 hp menjadi 503 hp. sementara torsinya meningkat dari 495 Nm menjadi 600 Nm.

Pertanyaannya, akan seliar apa Supra versi M3 ?. Apakah makin susah untuk dikendalikan ?. Untuk versi reguler saja, setidaknya Mobil123.com sudah beberapa kali mengabarkan kecelakaan pada Toyota Supra karena pengemudi tidak dapat mengendalikan lajunya.

Dari sisi harga, diperkirakan Toyota Supra versi M3 akan dibanderol sekitar 2 kali lipat dari model sebelumnya. Jka versi reguler berkisar dari $ 50 ribu sampai yang termahal $ 70 ribu (Rp 725 juta - Rp 1 miliar), versi M3 akan menjapai $ 112 ribu (sekitar Rp 1.6 miliar). [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar