Toyota Supra Tantang Sportscar Legendaris Amerika Serikat di Tanah Kelahirannya

Berita Otomotif

Toyota Supra Tantang Sportscar Legendaris Amerika Serikat di Tanah Kelahirannya

LOUISIANA - Toyota Supra mencoba tantang Chevrolet Corvette Stingray C8 dengan sebuah iklan billboard atau papan reklame yang cukup provokatif.

Toyota Supra kembali membuat berita di Amerika Serikat. Setelah sebelumnya juga diberitakan Mobil123.com mengenai kecelakaan membuat sportscar legendaris Toyota ini hancur lebur, kini soal iklan yang coba mengintimidasi para penggemar atau pemesan Corvette Stingray C8.

Seorang anggota di forum Corvette baru-baru ini menemukan papan reklame dealer dengan nada provokatif. Ada sebuah gambar Toyota Supra besar dengan tulisan "‘Masih menunggu di Corvette? Ayo dapatkan Supra Anda".


Si pemasang iklan sendiri adalah sebuah dealer Toyota di Shreveport, Louisiana mencoba menggoda konsumen yang ingin memiliki mobil sport tanpa menunggu lama. Dan dasar dari iklan ini adalah karena waktu tunggu pemesanan Corvette Stingray C8 yang lama, memakan waktu berbulan-bulan.

Lebih lanjut, ternyata di Amerika Serikat terbentuk sebuah persaingan terbuka antara Toyota Supra dengan Corvette Stingray. Cerita bermula saat Toyota Supra 2020 diluncurkan yang kemudian disusul oleh Corvette Stingray C8 beberapa bulan kemudian.

Ketika itu, Toyota Supra dianggap sebuah mobil sport dengan harga menarik namun menawarkan kinerja yang baik  lewat performa mantap dan menyenangkan untuk dikendarai. Saat Corvette Stringray C8 muncul, pamor Supra mendadak turun, ini karena menjadi tampak terlalu mahal dan mungkin dianggap bukan sebuah pembelian mobil sport yang cerdas.

Seiring berjalannya waktu, Supra kini telah mendapatkan update untuk model tahun 2021. Sementara meski dianggap lebih menarik dari Supra, butuh waktu lama untuk mendapatkan Corvette Stingray C8, konsumen harus rela menunggu pengiriman unitnya beberapa bulan.

Harga Supra terbaru sendiri kini dibanderol $ 50.990 atau setara Rp 727 juta, ini lebih mahal $ 1.000 dibanding versi Supra 2020. Model terbaru ini mendapat update di sektor performa dengan tenaga diperbesar 47 hp dan torsi 4 Nm berikut sasisnya.

Sementara Corvette Stingray C8 memang dijual lebih mahal $ 59.995 atau sekitar Rp 858 juta. Namun tentu dari sisi teknologi dan performa turunan dari sportscar legendaris ini jauh lebih unggul.


Corvette dilengkapi dengan mesin lebih besar yakni V-8 6.2-liter bertenaga 495 hp. Mampu berakselerasi 0-100 km/jam di bawah 3 detik. Sementara kita ketahui Supra dilengkapi mesin BMW 6 silinder segaris 3.0-liter bertenaga 335 hp. Membutuhkan waktu 4.1 detik untuk berakselerasi 0-100 km/jam.

Yang menarik lagi dari Corvette adalah ditawarkan dengan beragam pilihan, pelanggan bisa mengcustom atau menentukan pilihannya sendiri hingga lebih dari $ 100 ribu atau sekitar Rp 1.4 miliar. Sementara Supra tidak, hanya sebatas yang ditawarkan oleh dealer saja.

Lalu apakah iklan provokatif tersebut bakal menggoyang iman para pemesan atau penggemar Corvette dalam sekejap untuk beralih ke Supra?. Rasanya sih tidak, agak sulit untuk mengalahkan sang legenda di tanah kelahirannya sendiri. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar