Lepas Kontrol, New Toyota Supra ini Tabrak Pohon dan Hancur Lebur

Berita Otomotif

Lepas Kontrol, New Toyota Supra ini Tabrak Pohon dan Hancur Lebur

NEW YORK - New Toyota Supra ini hancur lebur dan sulit dikenali lagi akibat kecelakaan hebat.

New Toyota Supra berwarna merah ini terlihat mengenaskan. Jika dilihat sepintas lalu, mungkin Anda tidak langsung sadar bahwa mobil yang kecelakaan tersebut adalah turununan dari legenda sportscar Toyota.

Menurut keterangan, new Toyota Supra malang tersebut sedang diujicoba oleh 2 orang dealer Millenium Toyota, New York, Amerika Serikat. Namun tidak diketahui apakah keduanya memang dipekerjakan oleh dealer tersebut, namun yang pasti salah satunya adalah seorang tenaga penjual atau sales. Jarak kejadian sendiri hanya tidak sampai 2 km dari dealer.


Petugas Pemadam Kebakaran Garden City yang mengevakuasi korban kecelakaan menyebutkan bahwa, wiraniaga mobil tersebut berada di balik kemudi beserta seorang lagi di sisi penumpang tampak shock. Keduanya selamat dan langsun dilarikan ke rumah sakit dengan cedera kaki yang cukup parah.

Saat berita ini dibuat, tidak dijelaskan mengenai kronologi kecelakaan. Yang pasti ini terjadi dalam kecepatan tinggi, apalagi mesin 6 silinder new Supra dengan tenaga 335 hp dan torsi 495 Nm memang terkenal agresif. Dan petugas menemukan serpihan kendaraan termasuk salah satu ban 30 meter dari posisi mobil.


Intinya pengemudi harus ekstra hati-hati saat membangun kecepatan bersamanya. Mobil123.com sendiri mencatat ini merupakan kejadian kedua new Supra yang terlibat kecelakaan. 

Pertama dan bisa disaksikan videonya di link ini, jika Anda ceroboh seperti yang dilakukan oleh pengemudi tersebut maka new Supra mendadak kehilangan kontrol. Tampak seketika, saat pengemudi menginjak dalam-dalam pedal gas, mobil tampak kehilangan kontrol dan kemudian sama kejadiannya dengan yang sekarang, menabrak pohon.

Mobil123.com juga pernah berkesempatan menguji new Toyota Supra di Sirkuit Sentul. Respon akselerasinya cepat dan dalam waktu singkat kecepatan maksimal sudah bisa diraih

Kala itu Haridarma Manopo, pembalap Toyota Team Indonesia yang menjadi instruktur first drive Toyota Supra mengatakan bahwa mobil ini memiliki tenaga besar. Sehingga dapat mencapai kecepatan lebih tinggi dalam waktu lebih singkat.

Ia menyarankan pengemudi untuk waspada dan hati-hati  terhadap tenaga yang dimiliki oleh Toyota Supra. Apalagi saat mencobanya berakselerasi di jalan umum.

"Toyota Supra memiliki tenaga lebih besar dibandingkan mobil biasa sehingga kecepatan tinggi dapat tercapai dalam hitungan singkat. Nah mobil-mobil bertenaga besar ini memang antisipasinya harus lebih tinggi. Cara pengeremannya juga harus lebih keras," jelasnya kepada Mobil123.com.

Catatan resmi yang dikeluarkan Toyota menyatakn bahwa new Toyota Supra dapat berakselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu 4.1 detik. Dan dapat dipacu dengan kecepatan 250 km/jam.

Dari pengalaman ini dapat disimpulkan bahwa siapa pun yang berada di balik kemudi apalagi dengan mobil berforma tinggi layaknya harus lebih hati-hati. Untuk mengedalikan tenaga yang besar, Anda tidak bisa kehilangan fokus sedikit pun terlebih saat melakukan akselerasi.

Karena lengah sedikit, bisa jadi endingnya akan menjadi malapetaka bagi Anda. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar