Gila, 3.5 juta Mobil Direcall Karena Fuel Pump Buatan Denso Bermasalah

Berita Otomotif

Gila, 3.5 juta Mobil Direcall Karena Fuel Pump Buatan Denso Bermasalah

WASHINGTON - 3.5 juta mobil kabarnya akan direcall dengan penyebab fuel pump bermasalah dan diketahui buatan Denso.

Mobil123.com beberapa waktu lalu mengabarkan bahwa sekitar 1.5 juta unit mobil Toyota dan Lexus dari beragam model di Amerika Serikta harus direcall karena kasus ini. Ternyata hal tersebut merambat ke pabrikan-pabrikan lain seperti Ford, Toyota, Subaru dan Mitsubishi.

Kerusakannya terjadi pada malfungsi fuel pump atau pompa BBM yang diketahui buatan pabrik sparepart besar dunia Denso. Masalah yang terjadi pada piranti ini adalah mobil bisa sewaktu-waktu mati mendadak, tentu memiliki risiko kecelakaan tingi.

Bisa dibayangkan bila Anda sedang berkendara di jalan bebas hambatan dengan kecepatan cukup tinggi dan konstan, tiba-tiba mobil mati mendadak. Hal ini tentu akan mengakibatkan kekacauan, pengemudi di sekitar Anda tentu akan kaget dan berusaha menghindar di tengah padatnya jalan.

Gila, 3.5 juta Mobil Direcall Karena Fuel Pump Buatan Denso Bermasalah
Denso sendiri sudah mengumumkan kerusakan ini sekitar hampir 1 bulan lalu. Dan jika di awal menyebutkan bahwa ada sekitar 2 juta mobil yang kena imbas kerusakan ini, ternyata sekarang membengkak menjadi 3.53 juta.

Awalnya mungkin Denso terlebih dahulu mengidentifikasi perusahaan afiliasi mereka yakni Toyota dan tentunya Lexus. Namun seperti disebut di atas, daftarnya menjadi panjang karena ternyata pabrikan lain seperti Honda, Ford, Subaru dan Mitsubish yang dijual di Amerika Serikat menggunakan fuel pump sama.

Untuk model terdampak, baru Toyota dan Lexus secara rinci menyebutkan model apa saja yang terkena recall. Sementara pabrikan lainnya belum secara detail melansir model-model yang terimbas, namun pastinya merupakan mobil produksi 2013 - 2020.

Secara lebih dalam, Denso menyatakan pada The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan keselamatan jalan raya Amerika ada masalah pada impeller fuel pump. Impeller sendiri merupakan komponen yang berputar seperti pompa sentrifugal, digunakan untuk mengirim/mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dari pusat rotasi.

Gila, 3.5 juta Mobil Direcall Karena Fuel Pump Buatan Denso Bermasalah
"Impeler di beberapa pompa bahan bakar bertekanan rendah dapat berubah bentuk dalam kondisi tertentu, yang dapat membuat pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi," ungkap Denso yang berarti mobil bisa berhenti mendadak dan tentu sangat berbahaya.

Di Amerika Serikat, jika Anda memiliki mobil dengan fuel pump bermasalah akan dihubungi langsung oleh pabrikan mobil. Namun jika Anda bukan tangan pertama alias mobil bekas, bisa langsung ke website NTHSA untuk mengecek dengan memasukan NIK dan mengetahui keterangan mengenai recall ini. 

Toyota Amerika sendiri akan mengabarkan ke seluruh pelanggan yang mobilnya terkena kampanye recall ini paling lambat sebelum 23 Desember 2020. Dan kemudian mulai melakukan penarikan serta perbaikan. Sementara pabrikan lain belum mengumumkan soal jadwal recall mereka. 

Recall besar-besaran ini mirip dengan masalah yang terjadi pada inflator airbah buatan Takata. Sangat masif dan tentu akan makan banyak biaya.

Di Indonesia, problem recall fuel pump telah terjadi ada pertengahan tahun 2020. Melibatkan sekitar 270 ribu mobil dari pabrikan Mitsubishi, Nissan, Honda dan Toyota.

Tidak diketahui apakah kerusakan tersebut sama kasusnya dengan yang terjadi pada fuel pump Denso saat ini di Amerika Serikat. Sampai berita ini diturunkan, belum ada pabrikan di Indonesia yang mengumumkan recall karena kasus ini. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar