Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota, Mazda dan Denso Kerjasama Kembangkan Mobil Listrik

Berita Otomotif

Toyota, Mazda dan Denso Kerjasama Kembangkan Mobil Listrik

TOKYO — Toyota, Mazda dan Denso sepakat untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik bersama. Kerjasama diantara mereka adalah dengan membentuk unit usaha baru guna mengejar ketertinggalan dalam pengembangan mobil listrik.

Negara-negara penting di dunia otomotif seperti Cina saat ini memang tengah gencar untuk mengganti mobil berbahan bakar minyak dengan listrik. Perubahan ini pun didukung dengan semakin berkembangnya teknologi baterai yang ada. Perubahan ini pun diperkirakan akan membutuhkan waktu dua hingga dekade ke depan.

Nantinya, perusahaan gabungan akan mengembangkan teknologi untuk mobil listril termasuk kendaraan mini, kendaraan penumpang, SIV dan light trucks. Toyota akan menguasai 90 persen kepemilikan perusahaan yang disebut EV Common Architecture Spirit Co Ltd sementara Mazda dan Denso Corp akan menguasai masing-masing lima persen kepemilikan.

Masing-masing perusahaan nantinya akan memberikan kontribusi terbaik mereka yang selama ini menjadi andalannya masing-masing. Mazda akan memberikan teknologi mereka tentang product planning dan pengembangan kendaraan berbasis komputer, Dengan dengan teknologi kelistrikannya dan Toyota dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Setidaknya aka nada tiga tugas utama perusahan baru tersebut.

  1. Penelitian karakteristik (common architecture) yang akan mengenal kinerja optimum dan fungsi kendaraan listrik dari sudut pandang masing-masing komponen dan kendaraan secara keseluruhan.
  2. Melakukan verifikasi instalasi kompinen dan perfoma kendaraan yang bisa di capai berdasarkan karakteristik di poin pertama.
  3. Menciptakan konsep paling optimal dari klasifikasi kendaraan dengan komponen dan tipe kendaraan berdasarkan hasil dari poin pertama dan kedua.

Dikarenakan ini merupakan sebuah proyek pengembangan bersama dan memberikan sumber dengan jumlah setara maka pengembangan dipastikan akan sangat efisien dan akan memberikan keuntungan terhadap fasilitas yang sudah ada. Mazda dan Toyota akan menmfokuskan sumber daya mereka pada nilai kendaraan untuk menciptkan kendaraan listrik terbaik. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang