GIIAS 2018 Rangsang Pengunjung dengan Teknologi Kendaraan Terkini

Berita Otomotif

GIIAS 2018 Rangsang Pengunjung dengan Teknologi Kendaraan Terkini

JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 bakal menunjukkan kepada publik Tanah Air mengenai berbagai teknologi terkini di dunia otomotif melalui area khusus bernama Beyond Mobility.

GIIAS 2018 bakal berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Ada 25 merek mobil plus 11 merek sepeda motor bergabung di GIIAS kali ini.

GIIAS 2018 mengambil tema ‘Beyond Mobility’ dengan tujuan menunjukkan teknologi kendaraan kekinian sebagai sesuatu yang ikut meningkatkan kualitas hidup manusia. Demi membuktikan GIIAS edisi tahun ini tak hanya ajang berjualan seperti tahun-tahun sebelumnya, area bernama sama dibuat.

Salah satu pertunjukan di area Beyond Mobility GIIAS 2018, seperti diumumkan penyelenggara pameran melalui keterangan resmi, adalah mobil hybrid. Mobil dengan teknologi ini  menggabungkan performa mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) berbahan bakar minyak dengan electric motor (motor listrik).

Baterai lithium-ion sumber tenaga motor listrik sendiri terisi dayanya pada saat mobil mengerem atau mengurangi kecepatan karena pada saat itu motor listrik berfungsi sebagai alternator. Pada mobil plug-in hybrid, pengisian baterai juga dapat dilakukan dengan menggunakan colokan listrik di rumah.

Teknologi Cylinder Deactivation
Selain mobil hybrid, ada juga mobil listrik murni yang dijanjikan bakal dijelaskan pula di area Beyond Mobility. Di samping itu, di sana nantinya pun ada teknologi cylinder deactivation.

Ini merupakan teknologi yang memungkinkan mesin hanya mengoperasikan 2 dari 4 silinder yang ada  (menonaktifkan silinder) apabila tidak diperlukan tenaga besar. Jika diperlukan tenaga besar, maka mesin akan mengoperasikan ke-4 silinder yang ada.

Teknologi cylinder deactivation yang biasanya ditemukan di mesin V-6 dan V-8 ini memungkinkan konsumsi bahan bakar lebih hemat, sebesar 10 hingga 20% dibandingkan dengan teknologi konvensional, tanpa mengorbankan performa mesin. Masih ada pula teknologi-teknologi kekinian terkait keselamatan, performa, dan kenyamanan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar