Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gamers Ternyata Lebih Banyak Alami Kecelakaan

Berita Otomotif

Gamers Ternyata Lebih Banyak Alami Kecelakaan

LONDON – Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa gamers yang memainkan video game balapan, arcade atau simulator seperti Gran Turismo, Forza serta Need for Speed memiliki kemampuan mengemudi buruk di dunia nyata.

Penelitian ini dilakukan oleh Censuswide dengan menggunakan metode polling dan melibatkan 1.250 pengendara. Dalam penelitian mereka ditemukan bahwa orang yang bermain game-game tersebut jutru lebih banyak terlibat kecelakaan dan tilang dibandingkan bukan gamers.

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa sebagian gamers telah melakukan beberapa manuver di video game dalam dunia nyata. Mereka juga menemukan para gamers yang mendapat hukuman karena melampaui kecepatan dua kali lebih banyak dibandingkan bukan gamers. Ditambahlagi, games juga terlibat kecelakaan lebih banyak dibandingkan dengan pengendara umumnya.

“Pengemudi yang mencoba manuver berbahaya dari video games sebenarnya telah mengambil risiko terhadap hidup pengguna jalan lain. Pengemudi yang mengambil manuver dari video game seharusnya tahu bahwa aksi mereka memiliki banyak konsekuensi. Tidak ada pembenaran terhadap aksi tersebut dan membuat nyawa orang dalam bahaya,” ungkap salah satu pembicara dari Breake, sebuah badan peningkatan keselamatan berkendara.

Namun, bukan berarti games seperti ini tidak memiliki nilai positif. Berdasarkan penelitian yanng dilakukan oleh University of Rochester di tahun 2010, game-game tersebut justru bisa meningkatkan kecapatan reaksi pengemudi saat berkendara.

Bahkan, dengan melakukan game tersebut, gamers sebenarnya tengah belajar untuk menghindari kecelakaan. Pembelajaran tersebut kedepannya bisa dilakukan di dunia nyata bila kondisinya sangat darurat. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang