Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gaikindo Mengaku Tak Mengerti dan Tak Berani Komentar Soal Esemka

Berita Otomotif

Gaikindo Mengaku Tak Mengerti dan Tak Berani Komentar Soal Esemka

JAKARTA –Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tak mau banyak berkomentar mengenai Esemka, merek mobil yang 'naik daun' lagi baru-baru ini.

Esemka memang kembali membuat cerita dengan ikut serta dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, 16-26 Februari kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Ini adalah pameran otomotif besar pertama yang diikuti oleh merek mobil asal Solo, Jawa Tengah tersebut.

Tapi, Esemka tidak tercantum dalam daftar merek yang mengikuti Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, pameran mobil besar lainnya pada 10-19 Maret mendatang yang bertempat di Jakarta Convention Center.

“Pameran ini (GJAW) diselenggarakan oleh Gaikindo dan Seven Event sebagai event organizer. Kami sangat mengutamakan anggota kami. Esemka sampai sekarang belum menjadi anggota kami walaupun kami pernah mendekati soal itu. Kalau Esemka minat, kami bisa bicarakan lagi,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam konferensi pers GJAW 2023, Kamis (2/3/2023) di Jakarta.

Esemka Bima EV

Sebagai informasi, Gaikindo merupakan asosiasi resmi yang diamanatkan pemerintah untuk menaungi merek-merek mobil yang ‘bermain’ di Tanah Air.

Daftar anggota Gaikindo sejauh ini diisi oleh pabrikan-pabrikan otomotif global.

Adapun Esemka merupakan merek mobil lokal yang dipopulerkan oleh Presiden Joko Widodo, ketika dia masih menjabat sebagai Walikota Solo (2005-2012).

Kiprah Esemka timbul dan tenggelam. Alhasil, sebagian masyarakat menuduh jenama ini sebagai alat politik semata.

Esemka Bima EV

Namun, pada 2019 mereka meresmikan pabrik perakitan mobil di Boyolali, Jawa Tengah yang dihadiri langsung oleh Jokowi—sapaan Joko Widodo. Ketika itu, mereka pun meluncurkan pikap Esemka Bima.

Dalam IIMS 2023 sendiri Esemka menghadirkan dan menjual mobil listrik Esemka Bima EV yang terdiri dari tipe pikap serta minivan.

Lebih lanjut, Nangoi mengaku bahwa Gaikindo terbuka jika Esemka berminat menjadi anggota mereka. Pendekatan yang dahulu dilakukan belum mendapatkan respons positif dari mereka.

“Makanya saya enggak mengerti, sama sekali enggak mengerti karena mereka bukan anggota Gaikindo dan saya enggak berani berkomentar,” tukas dia.

“Sama saja, kan, ada orang yang Anda tidak begitu kenal lalu Anda berkomentar tentangnya. Tidak elok,” tutup Nangoi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang